Dinkes Sulut Kerjasama dengan RAPI Perluas Jangkauan Komunikasi Tangani Kondisi Gawat Darurat

0
50
Penandatanganan kerjasama antara Dinkesda dan RAPI Sulut di sela acara puncak HKN ke-55 Tahun 2019 Tingkat Provinsi Sulut, 28 November silam.
MANADO-Dinas Kesehatan Daerah Sulawesi Utara melakukan kerjasama dengan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Sulut.
Dikatakan Kepala Dinkesda Sulut dr Debie Kalalo MSc PH, kerjasama ini merupakan upaya Pemerintah Provinsi Sulut untuk memperluas jangkauan komunikasi dalam penanganan kondisi kegawatdaruratan bidang kesehatan.
Nantinya, teknologi yang dimiliki oleh RAPI Sulut bakal diintegrasikan dengan layanan gawat darurat atau Public Safety Center (PSC) 119.
Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Kepala Dinkesda Sulut dr Debie Kalalo MSc PH dan Ketua RAPI Sulut Ir Novly Wowiling MSi. Disaksikan langsung oleh Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw.
Lanjut Kalalo, layanan PSC 119 adalah layanan kegawatdaruratan kesehatan terpadu yang mengintegrasikan seluruh layanan emergency di 15 kabupaten/kota, 192 Puskesmas dan 46 Rumah Sakit di Sulut.
Layanan ini berbasis telepon 119, yang kemudian akan diterima oleh petugas kesehatan terlatih. “Mereka akan membantu masyarakat memberikan advis layanan emergency maupun evakuasi medis dengan ambulans bila diperlukan. Layanan ini berlangsung 1 x 24 jam selama 7 hari seminggu,” tandasnya.
(***)
iklan-andy.jpg iklan-andy.jpg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here