Polemik Pulau Bangka Belum Tamat, Deprov Dukung Penolakan Bupati

0
651

AIRMADIDI l, SULUTAKTUAL – Polemik Pulau Bangka Likupang Minahasa Utara (Minut) masih bergulir. Bahkan sampai saat ini Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K) masih diangan-angan akan diteruskan beroperasinya perindustrian di Pulau Bangka.

Terbukti, rapat yang digelar Pokja dan Pansus RZWP3K bersama Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan Selasa (21/6) di ruang kerja bupati. Masih juga ada saling adu pendapat apakah PT Mikgro Metal Perdana (MMP) di Pulau Bangka akan berlanjut atau tidak.

Lewat pertemuan tersebut, Ketua Fraksi Partai Demokrat di Deprov Sulut James Karinda SH MH memuji sikap Bupati Vonnie Anneke Panambunan terhadap aktifitas PT MMP di Pulau Bangka Minut.

“Setelah sekian lama kita beradu pendapat, kita sudah melupakan suara rakyat Minut. Sekarang kita sudah dengar bersama pendapat Bupati Minut,” ungkapnya.

Lanjut Karinda, dirinya sangat salut dengan keputusan bupati yang mendukung keselamatan rakyat dibanding tambang. “Bupati adalah pilihan rakyat Minut, dan mendukung keinginan masyarakat. Suara Buapti adalah suara rakyat,” tukasnya.

Rombongan Tim Pansus Dekab yang dipimpin Adrian Dondokambey selaku Wakil Ketua Pansus, meminta Tim Pokja yang diketuai Kepala Bappeda Sulut Royke Roring, agar tidak lagi mendesak wilayah Pulau Bangka menjadi kawasan industri.

“Keputusan memang ada di tangan Pokja, tapi kita sendiri sudah mendengar apa yang menjadi keinginan masyarakat Minut melalui ibu bupati. Dan tujuan kedatangan kita kesini sudah selesai. Kita sudah mendapat hasilnya yaitu Pemkab Minut lebih mendukung pengembangan pariwisata dibanding pertambangan,” pungkas Dondokambey yang diiyakan tim Pokja Sulut.

Bupati saat dikonfirmasi merasa bersyukur dengan apa yang menjadi harapan masyarakat agar Pulau Bangka tidak menjadi kawasan industri, sudah disampaikan kepada Deprov Sulut dan Pokja Perda Zonasi.

“Saya harus mengikuti suara rakyat, karena banyak masyarakat yang menolak, apalagi ditakutkan akan ada resiko yang tidak diinginkan,” tegasnya, sembari menambahkan doakan terus agar apa yang diharapkan bisa tercapai sesuai rencana.(rik/agl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here