Hontong Irup Hari Kesaktian Pancasila

0
55
Wakil Bupati Helmud Hontong SE ketika menjadi Irup Hari Kesaktian Pancasila sekaligus membuka TMMD ke-106 di Lapangan Santiago Tahuna.

TAHUNA -Wakil Bupati Sangihe Helmud Hontong SE bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dirangkaikan dengan, pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 TA 2019, Selasa (1/10/2019) bertempat di lapangan Santiago Rumah Jabatan Bupati.

Dalam sambutanya, Hontong mengatakan, hari ini dapat melaksanakan upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2019. Pancasila memperkuat sendi-sendi kehidupan sosial ekonomi, budaya, politik masyarakat.

“Pancasila telah membuat masyarakat kita semakin matang dalam kehidupan politik. Sebagaimana telah kita tampilkan dalam pemilu beberapa waktu yang lalu,” ujat Hontong.

Lebih lanjut ia mengatakan sekaligus menepis seolah-olah Pancasila kurang memperoleh perhatian bersama sejak reformasi 1998, pada tahun 2019 ini, tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila adalah Pancasila sebagai dasar penguatan karakter bangsa, menuju Indonesia maju dan bahagia untuk membangun bangsa dan negara ini.

“Pancasila adalah sumber nilai jati diri bangsa, sekaligus fondasi negara kita sebagai falsafah negara. Pancasila menjadi acuan kita dalam mewujudkan Indonesia yang maju dan Indonesia yang bahagia,” jelas Hontong.

Hontong menjelaskan, dalam era globalisasi terjadinya lintas batas nilai-nilai antar bangsa antar komunitas atau kelompok masyarakat yang lebih kecil, diantara nilai paham yang melintas batas itu adalah radikalisme, yang selalu merasa yang paling benar sendiri dan mengabaikan hak-hak orang lain. Radikalisme dan paham sejenis lainnya sangatlah bertentangan dengan pancasila yang sangat menghormati dan menghargai kebhinekaan.

“Oleh karena itu kita harus bersyukur dan terus memperkuat Pancasila yang telah menunjukkan dan memungkinkan kita hidup berdampingan secara damai, harmonis dan penuh toleransi dengan siapa saja yang berbeda latar, agama, suku, ras, adat istiadat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sekaligus kita harus mengikis benih dan tubuhnya nilai paham radikalisme dan sejenisnya,” ungkap Hontong.

Dalam kesempatan tersebut Hontong juga mengatakan bersamaan dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila saat ini juga dibuka kegiatan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106, sehubungan dengan itu telah hadir bersama-sama Korem 131 Santiago bersama jajaran dalam upacara di pagi hari ini.

“Untuk itu atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, saya menyampaikan Selamat datang kepada Komandan Korem 131 Santiago Brigjen TNI Robert Giri bersama seluruh jajaran di Kabupaten Kepulauan Sangihe,” jelasnya.

Dan bersama ini pula menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas pelaksanaan program TMMD, yang boleh dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Sangihe tercinta.

“Adapun kegiatan dilaksanakan adalah pembuatan jalan sepanjang 2.200 m lokasi Kelurahan Santiago Kecamatan Tahuna Barat, pembangunan gedung tiga pilar di Kecamatan Tahuna Barat lokasi Kelurahan Kolongan Mitung, pengecetan rumah ibadah gereja dan mesjid lokasi Kecamatan Tahuna,” imbuh Hontong sambil menambahkan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe telah merasakan manfaatnya dari tahun-tahun sebelumnya. Karena itu berharap, kiranya melalui kegiatan program TMMD ini dan seterusnya, akan semakin membangun kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dan unsur TNI, untuk semakin giat dalam membangun bangsa dan negara yang dimulai pembangunan di daerah-daerah.

(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here