KPU Minsel Ajak Warga Masyarakat Untuk Sukseskan Pemilukada 2020

0
21

 

MINSEL – Kontestasi pesta demokrasi Pilkada serentak 2020 akan segera digelar. Untuk menyukseskan akuntabilitas dalam memonitoring pilkada, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Selatan menggandeng menggelar Sosialisasi pendidikan Pemilih dan partisipasi Masyarakat, Jumat (30/10/2020)

Sementara itu, Ketua KPU Rommy Sambuaga menjelaskan, soal lanjutan tahapan proses tahapan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut juga tahapan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Minsel, sebenarnya dijadwalkan pada tanggal 23 September 2020. Namun sempat tertunda dikarenakan wabah penyebaran Covid-19, sehingga diundur sampai 9 Desember 2020.

“Ini adalah momentum yang telah kami siapkan untuk teman-teman wartawan, untuk agenda sosialisasi tahapan Pemilihan Gubernur dan Bupati. Kami sangat mengharapkan peran masyarakat, dalam pesta demokrasi saat ini, ” jelas Sambuaga.

Senada yang dikatakan Ferry Liando sebagai Nara sumber dari Kordinator Komite Pemilih Indonesia (KPI) menyampaikan, harus ada upaya bagaimana menciptakan pemilih yang sadar dan adanya pendidikan pemilih, agar sesuai dengan maksud dan tujuan penyelengara menciptakan tatanan demokrasi cerdas, sehat, baik, jujur dan adil, serta tidak ada money politics.

WhatsApp-Image-2020-11-05-at-11.49.11-750x430“Saya terus mengamati bagaimana proses tahapan Pemilu oleh KPU, juga kontestan para kandidat lewat pemberitaan untuk di konsumsi dan diketahui oleh publik, sehingga kami melihat peran Pers sangat fital dalam proses pemberitaan publikasi tahapan pilkada,” kata Liando.

Menurutnya yang terpenting bagaimana teman-teman harus transparan dalam pemberitaan, agar keterbukaan informasi publikasi mengenai tahapan sampai proses pencoblosan.

“Kami juga berharap, kita bersama insan pers tidak ada mis komunikasi dalam penyediaan data. Sehingga kemitraan pers dan KPU juga penyelengara akan terbangun dengan baik dan informasi sampai ke masyarakat dengan transparan. Untuk tahapannya sudah kami lakukan mulai dari perekrutan PPK, PPS, KPPS, dan PPDP. Sekarang sudah masuk tahap pencocokan daftar pemilih (Coklit),  dan mereka juga dibekali bimtek, juga melaksanakan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus Covid-19,” jelasnya.

Dijelaskanya KPU Minsel telah melakukan Pleno tertutup terkait syarat pencalonan.

“Syarat pasangan calon mulai dari jumlah kursi parpol Pemilu 2019 dan acuan jumlah suara daftar pemilih tetap. Namun hasil dari rapat itu wajib diumumkan lewat media agar ada tanggapan dari masyarakat,” terangnya

( Andy Runtunuwu )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here