Sangihe Miliki Satu PDP, Warga Diminta Tidak Panik, Taati Anjuran Pemerintah

0
398
Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Sangihe Joppy Thungari

TAHUNA – Kabupaten Sangihe secara resmi menetapkan satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Salah satu Kampung di Kecamatan Manganitu. Hal ini diungkapkan oleh Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) percepatan penangan Covid 19 Kabupaten Sangihe, Joppy Thungari kepada awak media.

“Saat ini Kabupaten Sangihe memiliki satu PDP. Pasien dimaksud berjenis kelamin laki-laki umur 50 tahun asal dari salah satu kampung di Kecamatan Manganitu.
Lebih lanjut Thungari yang notabene adalah Kadis Kesehatan menyatakan, pasien tersebut memiliki riwayat perjalanan dari daerah terpapar virus corona atau telah ditetapkan sebagai daerah transmisi lokal penyebaran Covid- 19 yaitu Kota Manado.

“Pasien  memiliki riwayat perjalan dari Manado, tiba di Sangihe pada Sabtu (11/4/2020) pekan lalu,” jelasnya lagi.

Ia mengatakan juga bahwa  pasien tersebut sebelumya telah melalukan isolasi mandiri di rumah. Tetapi setelah dua hari kemudian mengalami gejala seperti sesak nafas. Sehingga yang bersangkutan mendatangi RS.

“Memang setibanya di Sangihe, yang bersangkutan melaksanakan isolasi mandiri dan karna mengalami sakit dengan gejala Covid- 19 seperti sesak nafas, maka yang bersangkutan dengan kesadaran sendiri meminta dirawat dan saat ini sedang di rawat di RSUD Liun Kendage Tahuna.

Ia menambahkan, pihak medis telah mengambil langkah sesuai prosedur tetap untuk penanganan pasien dengan gejala Covid- 19.
“Pasien sedang dalam perawatan di ruang isolasi sudah diambil sampel dan telah dikirim sehingga untuk hasil kita harus menunggu kurang lebih sepekan,” ungkap Thungari.

Masyarakat Diminta Tidak Panik dan Mematuhi Anjuran Pemerintah.

Disisi lain Thungari meminta agar masyarakat Kabupaten Sangihe tidak panik sebab yang bersangkutan masih berstatus PDP.

“Saya mengingatkan dan berharap masyarakat tidak panik sebab yang bersangkutan masih berstatus PDP dan berharap masyarakat mematuhi anjuran pemerintah terkait penanganan Covid 19”, imbuh Thungari.

(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here