Cek Kesiapan Pemilu 2019, Kapolres Minut Sambangi KPU Minut

0
98
Kapolres Minahasa Utara (Minut), AKBP Jefri Siagian saat menyambangi kantor KPU Minut untuk mengecek kesiapan Pemilu 2019 di Kabupaten Minut.

MINUT– Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 tinggal menghitung hari. Guna memastikan perhelatan nasional ini berjalan lancar, Kapolres Minahasa Utara (Minut), AKBP Jefri Siagian didampingi Kabagops, Kompol Djafar dan Kasat Intel, Iptu Boyke Rawung menyambangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minut untuk mengecek langsung kesiapan Pemilihan Umun (Pemilu) serentak tahun 2019 mendatang, Rabu (13/02).

Kehadiran Kapolres disambut oleh Ketua KPU Minut, Stella Runtu, beserta Komisioner KPU Hendra Lumanaw, Darul Halim, Dikson Lahope, Robby Manoppo serta Sekretaris KPU, Charles Worotijan.

Kapolres Minut berkesempatan berdialog dengan para komisioner KPU terkait kendala ataupun antisipasi dalam penyaluran, waktu pelaksanaan Pemilu serta kesiapan Logistik.

Dengan data-data yang ada, saya harapkan KPU mampu bekerja maksimal seperti ketersediaan logistik seperti kertas suara, kotak suara termasuk kesiapan Pemilu di tiap TPS,” kata Kapolres.

Lanjutnya, pesta demokrasi ini adalah hal yang sangat luar biasa untuk menentukan arah pembangunan ke depan.

Intinya, Polres siap mem-back up Pemilu di Minut agar berjalan dengan aman, tertib dan lancar,” ujar Kapolres.

Sementara, menurut Ketua KPU Minut menyatakan, hingga saat ini pihaknya sedang merakit kotak suara dan terus melakukan koordinasi dengan KPU Pusat dan Provinsi.

Kotak suara sementara dirakit meskipun kami akui ada kotak suara yang saat akan dirakit kondisinya tidak sesuai, sehingga ini pun membutuhkan waktu sampai akhir Februari ini, tapi intinya KPU Minut siap untuk mensukseskan Pemilu 2019,” jelasnya.

Ditambahkan Ketua KPU Minut, pihaknya juga sedang mencari gudang untuk penyimpanan logistik Pemilu 2019, di mana gudang yang saat ini dimiliki KPU masih menyimpan logistik pemilu 2004, 2009, dan 2014. KPU Minut juga baru saja menerima surat dari KPU Pusat untuk tindak lanjut pemusnahan logistik ditahun-tahun tersebut.

Dalam dialog juga membahas tentang jumlah TPS, jumlah DPT dan peta kerawanan kamtibmas, hak pemilih usia 17 tahun, hingga kesiapan penyaluran logistik ke pulau-pulau, pengamanan kertas suara usai pencoblosan serta peran aktif dari tiap PPS dan PPK.

Usai berdialog, Kapolres beserta Kabagops, Kasat Intel, Ketua KPU Minut dan para komisioner melakukan pantauan langsung ke lokasi penyimpanan logistik kotak suara.

(humaspolresminut/tirsarompas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here