Oleh : Sherina A. Mantik, Mahasiswa Universitas Negeri Manado, Fakultas Ekonomi
KEMAJUAN teknologi identik dengan generasi muda yaitu millenial. Seiring berjalannya waktu yang diikuti juga oleh perkembangan teknologi, maka generasi ini juga dengan cepat beradaptasi.
Pelajar kini tidak bisa lepas dari yang namanya gadget bahkan karena pandemi ini, mereka lebih intensif lagi dalam menggunakan gadget.
Hal ini membawa pandangan buruk masyarakat terhadap gadget. Banyak generasi muda yang salah tangkap dalam menggunakan gadget, diantaranya adalah mereka menggunakan sosial media sebagai tempat pelarian mereka.
Bahkan dalam masa remaja yang mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi gadget mempermudah mereka untuk mengetahui apa yang seharusnya mereka belum ketahui, dan tentu saja mereka lebih mementingkan bermain Game daripada belajar.
Akan tetapi, dampak diatas tidak menutup kemungkinan bahwa gadget juga membawa dampak positif untuk generasi muda.
Karena sudah dibuktikan oleh generasi muda, bahkan dalam hal bermain Game pun, mereka dapat meraih prestasi sampai go international.
Hal ini terlihat membawa potensi lain bagi generasi muda, sehingga pada SEA Games nanti akan diadakan juga cabang olahraga yang berwujud E-Sport.
Makanya dalam lingkungan pelajar kini sering di adakan lomba E-Sport, termasuk di Universitas Negeri Manado khususnya di Fakultas Ekonomi telah diadakan Online Tournament E-Sport dalam game Mobile Legends yang diselenggarakan oleh ORMAWA Fakultas Ekonomi.
Kesimpulannya, dalam memanfaatkan teknologi terutama Gadget, bawalah positive vibes di dalamnya agar tidak sia-sia kita hidup di masa sekarang ini.
Tidak masalah jika ingin menggali potensi kita dalam bidang Game, tetapi kita juga tidak boleh melupakan prioritas dan kewajiban kita sebagai pelajar yaitu belajar. (***)