Vaksin Covid-19 Palsu Beredar di Meksiko

0
59
vaksin BioNTech-Pfizer.

INTERNASIONAL– Sebuah kelompok yang beranggotakan 6 orang di Meksiko,  tertangkap setelah diketahui telah membuat vaksin covid-19 palsu.

Hal ini diungkapkan Kementerian Keamanan dan Perlindungan Sipil Meksiko yang mengklaim jika pihaknya telah menangkap sebuah kelompok beranggotakan enam orang yang membuat vaksin palsu. Mereka ditangkap di negara bagian Nuevo Leon, di timur laut Meksiko.

Melansir DW, Kamis (18/2/2021), sebuah klinik swasta di Meksiko utara ditemukan menawarkan vaksin virus corona palsu hingga 2.000 dolar atau sekira Rp 28.130.000. Vaksin palsu itu disajikan sebagai vaksin BioNTech-Pfizer.

“Vaksin palsu telah disita di Nuevo Leon. Penggunaan jenis vaksin ini mengancam kesehatan masyarakat,” demikian pernyataan Kementerian Keamanan dan Perlindungan Sipil Meksiko.

Dilansir dari abcnews, Pihak Kementerian juga meminta warga Meksiko untuk waspada dan hanya menerima vaksin di rumah sakit dan di tempat-tempat yang telah ditunjuk oleh pemerintah saja. Terkait dengan vaksin, Meksiko mengatakan bahwa proses pendistribusian vaksin lebih menguntungkan negara-negara kaya.

Sementara, Menteri Luar Negeri Meksiko, Marcelo Ebrard, mengatakan bahwa delegasi Meksiko untuk PBB akan mengajukan pengaduan di Dewan Keamanan (DK) PBB tentang ketidaksetaraan dan ketidakadilan dalam proses distribusi vaksin.

“Negara-negara yang memproduksi (vaksin) memiliki tingkat vaksinasi yang lebih tinggi dan Amerika Latin, dan Karibia memiliki tingkat vaksinasi yang jauh lebih sedikit. Kami akan naikkan ke DK PBB karena tidak adil,” ujar Ebrard.

(sumber:abcnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here