Gandeng Loka POM Tahuna, Kadis Perindag Pimpin Operasi Pengawasan Pasar Jelang Nataru

0
78
Kadis Perindag Sangihe Tadjudin Sainkadir (pakai topi) ketika memimpin pelaksanaan sidak barang kadaluarsa di salah satu supermaket di Kota Tahuna belum lama ini.

TAHUNA -Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadis Perindag) Kabupaten Sangihe Tadjudin Sainkadir memimpin langsung pelaksanaan operasi pasar dalam upaya mengantisipasi Peredaran Barang Beredar, Barang Berbahaya & Barang Kadaluasa menjelang menjelang lerayaan keagamaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) dengan mengandeng Loka POM Tahuna.

Ditemui disela-sela pelaksanaan sidak pasar Sainkadir menyatakan pengawasan barang kadaluarsa ini harus dilaksanakan berdasarkan Undang2 No. 8 thn 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Undang2 no. 7 thn 2014 tentang Perdagangan.

“Biasanya pada persiapan pelaksanaan hari raya keagamaan banyak spekulasi dari pedagang yang memperjualbelikan barang khususnya bahan makanan yang sudah kadaluarsa sehingga sesuai amanat UU dengan Tupoksi yang melekat maka sidak dilakukan”, ujar Sainkadir.

Sidak ini sendiri lanjut Sainkadir meliputi produk makanan, minunan, Snacks, bumbu-bumbu Kue, bumbu masakan dan lainnya yang dikonsumsi masyarakat sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti keracunan atau hal lainnya yang membahayakan konsumen atai masyarakat.

“Jadi bersama tim, kami menyisir Pasar-pasar Tradisional, Pertokoan, Kios/Warung, Pedagang Kaki Lima/Asongan se-Kabupaten Sangihe yanh di mulai dari Kecamatan Manganitu, Tamako Tahuna Tahuna Barat, Tahuna Timur, Tabukan Utara hingga wilayah lainnya”, jelasnya kembali.

Lebih lanjut ia menyatakan dalam tim juga pihaknya memgandeng LSM dan wartawan.

“Untuk berbagai barang temuan dalam sidak ini langsung diamankan dan dimusnahkan”, imbuhnya sambil berharap masyarakat atau konsumen teliti dalam membeli bahan makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa.

(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here