Alokasi Anggaran Diatur UU, Tidak Rasional Naikkan Tunjangan Pegawai Hingga Perangkat

0
407
TOMOHON-Program dan kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tomohon telah diperhitungkan secara detail sesuai anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).
Didasarkan skala prioritas, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Tomohon Drs Gerardus Mogi memastikan bahwa kepentingan rakyat selalu diutamakan Wali Kota Jimmy Feidie Eman SE Ak CA.
Diakuinya, total belanja pegawai di lingkup Pemerintah Kota Tomohon berjumlah Rp339.329.713.803. Atau di angka 52,46 persen dari total APBD.
Rinciannya, total gaji dan tunjangan ASN termasuk TPP sebesar Rp269.094.910.551. Sedangkan honor tenaga kontrak termasuk perangkat kelurahan, linmas, juga petugas kebersihan sebesar Rp70.234.803.252.
Sementara itu, ada kewajiban Pemda untuk memenuhi mandatory spending. Sebagaimana diatur oleh Undang-Undang. Yaitu alokasi anggaran pendidikan 20 persen, kesehatan 10 persen, kecamatan 5 persen, dan APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah) 1 persen.
“Dengan APBD Kota Tomohon yang hanya sebesar 646 miliar lebih, sehingga membuat anggaran pembangunan menjadi kecil,” ucap Mogi, sembari menyebut, tidak akan rasional jika akan menaikkan lagi honor Nakon, perangkat maupun Linmas.
(vhp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here