Bakal Kembangkan Potensi Kedelai dan Kacang Hijau, GSVL: Saya Tak Ingin Ganggu Hasil Pertanian Daerah Lain di Sulut

0
147
Wali Kota GSVL saat memperingati Hari Tani Nasional.

MANADO– Meski masih dalam masa Pendemi Covid-19 seperti saat ini, Wali Kota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, semakin giat mensosialisasikan program ‘Mari Jo Bakobong’.

Program dibidang Pertanian ini berjalan sukses sejak di launching GSVL sejak 28 Februari 2020 lalu.

FB_IMG_1601007523495

Wali Kota GSVL dalam menerapkan program ‘Mari Jo Bakobong’ mengajak warga Kota Manado untuk memanfaatkan lahan tidur atau pekarangan rumah yang tak terpakai.

“Tujuannya adalah untuk ketahanan pangan di Kota Manado. Dan bisa juga untuk menopang perkenomian di masa Pandemi Covid-19 ini, jika produksinya berlebihan,” kata Wali Kota GSVL saat  memperingati hari Tani Nasional di Perkebunan Meras, Kelurahan Meras Kecamatan Bunaken Darat, Kamis (24/9/2020).

FB_IMG_1601007510177

Kedepannya, Wali Kota GSVL berencana untuk menjadikan Kota Manado sebagai Kota penghasil Kacang Kedelai dan Kacang Hijau.

“Tanah di Kota Manado masih subur.  Bisa ditanam apa saja. Saya sudah buktikan dengan menanam beberapa jenis tanaman di Rumah saya di Malalayang. Semuanya bertumbuh dengan baik. Kedepan kita akan coba menanam  Kedelai dan Kacang Hijau,” ujar Wali Kota Manado dua periode ini.

Lanjutnya, Kedelai dan Kacang Hijau mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, karena masih banyak permintaannya.

“Bahkan Kacang kedelai saat ini masih di impor dari luar negeri untuk memenuhi kebutuhan pasar di Indonesia. Mengapa tidak Kota Manado kita kembangkan tanaman Kedelai? Nilai ekonomisnya cukup baik,” jelas GSVL.

GSVL juga menjelaskan jika pilihannya untuk mengembangkan Kedelai dan Kacang Hijau di Kota Manado, agar tidak mengganggu hasil produk pertanian dari daerah tetangga di Sulut.

” Kita tanam Kedelai dan Kacang Hijau supaya produk pertanian dari daerah tetangga, seperti Kabupaten Minsel, Minahasa atau lainnya tidak terganggu. Jadi, di Provinsi Sulut, cuma di Manado yang nanti menanam Kedelai dan Kacang Hijau,” kunci Wali Kota Cerdas ini.

(Budi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here