ASI Aman dari Kontaminasi Covid-19

0
94
Penyuluhan kesehatan oleh dr Roland Rompies SpA di ruang registrasi pasien RSUP Kandou Manado.
MANADO-Coronavirus disease (Covid-19) tidak mengkontaminasi Air Susu Ibu (ASI), sehingga aman diberikan selama masa menyusui bayi. Hal itu ditekankan dr Ronald Rompies SpA ketika memberikan penyuluhan dalam rangka ‘Pekan Menyusui Sedunia 2020’, di ruang registrasi pasien rawat jalan bersama Instalasi Promosi Kesehatan RSUP Kandou Manado, Jumat (7/8/2020).
Yang sangat perlu diperhatikan oleh ibu dengan Covid-19 untuk menyusui langsung, yaitu cuci tangan sebelum memberikan ASI dan gunakan masker saat menyusui.
Dapat juga menggunakan pompa ASI. Asalkan tidak menggunakan pompa ASI milik orang lain, memakai penutup wajah atau face shield dan masker dan cuci tangan setidaknya 20 detik sebelum memegang pompa ASI.
Kemudian membersihkan pompa ASI setiap kali digunakan. “Jika memungkinkan, pemberian ASI yang sudah dipompa dilakukan oleh petugas kesehatan,” kata Rompies.
Lanjut dokter spesialis anak dari Divisi Nutrisi dan Penyakit Metabolik KSM Ilmu Kesehatan Anak RSUP Prof Kandou ini, ibu yang terkonfirmasi Covid-19 dapat diedukasi mengenai pemberian ASI menggunakan cangkir. Dengan memastikan telah mencuci tangan dengan air dan sabun sebelum memegang peralatan yang bakal digunakan si bayi.
Rompies menambahkan, ASI adalah makanan alamiah berupa cairan dengan kandungan gizi yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan bayi. Memberikan ASI pada enam bulan pertama sejak kelahiran akan membuat bayi bertumbuh dan berkembang dengan baik.
(vhp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here