Tuding Ditunggangi, Gaghana Berang Aksi Orasi Unras Solidaritas Penambang Sangihe

0
2325
Bupati Sangihe Jabes E Gaghana SE ME ketika memberikan klarifikasi orasi dari solidaritas penambang emas Sangihe.

TAHUNA – Bupati Sangihe Jabes E Gaghana SE ME berang dan terlihat marah saat menjawab orasi sejumlah juru bicara aksi solidaritas masyarakat penambang emas, Rabu (15/07/2020) di Rumah Jabatan Bupati Sangihe.

Dimana Gaghana berang terhadap tudingan sejumlah pihak atas upaya dan aksi penutupan tambang rakyat oleh pemerintah.

Gaghana ketika menjawab ‘serangan’ orasi ratusan pengunjuk rasa menyatakan bahwa dirinya riil berjuang untuk masyarakat.

“Sejak tahun 2017 saya menjadi Bupati, saya tetap menolak adanya orang asing untuk datang melalukan aksi penambangan emas”, jelas Gaghana.

Gaghana menyatakan juga bahwa pada periode lalu banyak orang asing datang ke Sangihe dalam kepentingan tambang emas tapi kenapa tidal dipersoalkan.

“Terkait surat saya ke ESDM sekali saya tegaskan dan perlu diketahui semua masyarakat adalah terkait adanya pengrusakan lingkungan oleh excavator bukan larangan untuk masyarakat melakukan penambangan emas. Saya sampaikan tolong dilihat dan dibaca surat tersebut untuk kita duduk mencarikan solusi dari persoalan ini”, jelasnya kembali.

Disisi lain Gaghana mengingatkan agar pihak-pihak yang mencoba memperkeruh persoalan ini harusnya tidak memprovokasi masyarakat untuk menabrak pemerintah dalam situasi ini.

“Sebab sampai saat ini saya tetap komit berjuang untuk kepentingan masyarakat. Berkeadilan sosial kita tetap perjuangkan tapi berkeadilan sosial yang berlandaskan aturan. Sekali lagi saya katakan saya tidak melakukan pelarangan terhadap penambangan rakyat” imbuh Gaghana sambil menyatakan pemerintah tidak tutup mata tetapi sebaliknya tetap memperhatikan berjuang kalaupun ada persoalan hukum timbul dalam masalah penertiban jangan membawa-bawa Bupati untuk melakukan pembebasan tahanan.

(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here