Perjuangkan Penciutan Wilayah Kontral Karya PT TMS, Sondak-Thungari Pimpin DPRD Temui Kadis ESDM Sulut

0
331
Wakil Ketua DPRD Sangihe Fersy Sondakh dan Wakil Ketua DPRD Sangihe Michael Thungari ketika memimpin anggota DPRD Sangihe menemui Kepala Dinas ESDM Provinsi Sulut dalam upaya perjuangan wilayah penambangan rakyat di Sangihe

TAHUNA– Aksi nyata terhadap kepedulian masyarakat Sangihe khususnya rakyat penambang emas diberikan oleh DPRD Sangihe. Dimana Rabu (15/07/2020) dibawah pimpinan Wakil Ketua DPRD Ferdy Sondakh dan Wakil Ketua DPRD Michael Thungari, menyambangi Dinas Energy Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sulut di Manado.

Menurut Sondakh, dirinya bersama Thungari memimpin personel DPRD Sangihe melakukan konsultasi sekaligus memperjuangkan penciutan wilayah Kontrak Karya PT Tambang Emas Sangihe (TMS). “Pimpinan dan anggota DPRD melakukan konsultasi ke Dinas ESDM meminta agar segera mendesak Penciutan wilayah kontrak karya PT TMS”, ujar Sondakh.

Disisi lain Thungari melanjutkan upaya penciutan wilayah Kontrak Karya PT TMS dalam upaya memperjuangkan masyarakat Sangihe yang saat ini dalam kelangsungan hidupnya melalukan aktifitas tambang mas.

“Kalau penciutan wilayah Kontral Karya PT TMS berhasil diperjuangkan setidaknya ada ruang untuk penetapan Wilayah Penambangan Rakyat (WPR) dan selanjutnya dilakukan pengurusam Ijin Penambangan Rakyat (IPR)”, ungkapThungari.

Dalam kesempatan tersebut lanjut Thungari, Kepala Dinas ESDM Provinsi Sulut berjanji setelah ini akan langsung menyampaikan ke Gubernur agar bisa melakukan komunikasi dengan kementrian ESDM.

“DPRD Sangihe juga melakukan kunjungan di DPRD provinsi Sulut menyampaikan permasalahan ini sayangnya tidak bertemu dengan Anggota DPRD provinsi karena lagi ada Tugas Luar daerah, tapi di terima dengan baik oleh Sekretaris Dewan Provinsi Sulut (Sekwan) dan Sekwan berjanji akan langsung membuat surat tertulis ke pimpinan dan anggota DPRD provinsi Sulut erkait masalah ini. Kiranya dapat direspon dengan cepat”, tutup Thungari.

(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here