Aplikasi SIMAK-BMN Menata Pelaporan Aset RSUP Kandou

0
92
Dirut dan Dewan Direksi RSUP Prof Kandou bersama jajaran Sub Bagian Pengelolaan BMN.
MANADO-Direktorat Perencanaan, Keuangan, dan Barang Milik Negara (BMN) RSUP Prof dr RD Kandou Manado menjamin tata pelaporan aset melalui aplikasi SIMAK-BMN (Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara).
Direktur Perencanaan, Keuangan, dan BMN Dewi Anggraeni SE MM mengatakan, aplikasi SIMAK-BMN adalah aplikasi yang digunakan untuk mencatat dan mengorganisir barang milik negara. “Mulai dari pembelian, transfer masuk-keluar antar instansi, sampai penghapusan dan pemusnahan barang milik negara,” kata Dewi, didampingi Kabag Akuntansi dan Barang Milik Negara Welmin Pontoh SE, juga Kasubbag Pengelolaan BMN Rini Novita Hamdani SE Ak.
Di dalam UU Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, kata Dewi, dijelaskan bahwa yang dimaksud barang milik negara adalah semua barang yang dibeli atau diperoleh atas beban APBN dan perolehan lainnya yang sah.
Dewan Direksi RSUP Prof Kandou bersama para pejabat struktural saat mengecek fisik kendaraan operasional pada apel kendaraan, Jumat (10/7/2020) pagi.
DewanDireksi RSUP Prof Kandou bersama para pejabat struktural saat mengecek fisik kendaraan operasional pada apel kendaraan, Jumat (10/7/2020) pagi.
Termasuk dalam pengertian perolehan lainnya yang sah, lanjut Dewi, di dalam PP Nomor 6 Tahun 2006 tentang pengelolaan BMN disebutkan antara lain sumbangan/hibah, pelaksanaan perjanjian/kontrak, ketentuan undang-undang, dan putusan pengadilan.
Direktur Utama Dr dr Jimmy Panelewen SpB-KBD pun mengapresiasi adanya Aplikasi SIMAK-BMN dalam melakukan check and balance terhadap aset riil milik pemerintah.
(vhp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here