Lansia Check Up Kondisi Tubuh, Ini Tips Ketika ke Rumah Sakit

0
109
Materi 'Pendampingan Lansia di Era Pandemi' yang disampaikan dr Inggried Lontoh SpPD di ruang tunggu Poli Bedah RSUP Prof Kandou, Rabu (8/7/2020).
MANADO-Kelompok lanjut usia (Lansia) dapat tetap aktif dan produktif di masa pandemi. Sebab Lansia butuh hidup bahagia di masa tua. Karena itu, Lansia perlu pendampingan yang tepat supaya selalu bugar di era pandemi.
Dikatakan dr Inggried Lontoh SpPD, kondisi kesehatan Lansia harus dimonitor secara rutin. Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSUP Prof Kandou ini memberikan tips bagi Lansia jika perlu ke Faskes Tingkat Pertama atau Rumah Sakit.
Pertama, pastikan Lansia mengerti bagaimana cara menggunakan masker yang baik dan mengapa harus menggunakan masker.
Kedua, pastikan Lansia tidak memegang wajahnya dan tidak memegang benda-benda umum apapun selama di rumah sakit.
Ketiga, seringlah membersihkan tangan Lansia dengan hand sanitizer atau mintalah Lansia untuk cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir bila masih bisa melakukannya.
Keempat, jagalah jarak dengan orang lain lebih dari satu meter.
Kelima, mintalah nomor antrian oleh pengantar dan bawalah pasien Lansia beberapa waktu sebelum nomor antrian dipanggil, agar meminimalkan kontak dengan yang lain.
Keenam, saat bertemu dengan dokter, jangan membuka masker dan jangan menyentuh apapun. Ingat ruangan dokter sama infeksiusnya dengan tempat lain.
Ketujuh, bawa makanan dan minuman dari rumah dan tidak mampir ke tempat-tempat lain, termasuk menunggu di apotek.
Kedelapan, jelaskan secara detail keluhan yang ada. Termasuk jika terdapat kecurigaan adanya kontak dengan orang yang terpapar Covid-19, misalnya dari orang yang berkunjung, atau Lansia telah melakukan perjalanan ke daerah lain.
Kesembilan, sebelum ke rumah sakit siapkan semua dokumen yang diperlukan dan catatan pertanyaan-pertanyaan yang ingin ditanyakan.
(vhp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here