Kasubbag Hukormas RSUP Kandou: Penanganan Komplain Mengacu Perpres 76/2013

0
121
Kasubbag Hukormas RSUP Prof Kandou Novita SH membawakan materi pada webinar di RSUP Prof Kandou, akhir pekan lalu.
MANADO-Sub Bagian Hukum Organisasi dan Hubungan Masyarakat (Hukormas) menjadi garda terdepan RSUP Prof Kandou dalam penanganan komplain dari pasien, keluarga, atau pihak yang berkaitan layanan RSUP Prof Kandou.
Kasubbag Hukormas Novita SH menjelaskan, penanganan pengaduan didasarkan pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 76 Tahun 2013.
Mekanisme dan tata pengelolaannya meliputi penerimaan dokumen lengkap, penelaahan mencakup identifikasi masalah, pemeriksaan substansi pengaduan, evaluasi bukti hingga seleksi.
Dilanjutkan¬†penyaluran pengaduan kepada penyelenggara lain yang berwenang.¬†“Kemudian penyelesaian pengaduan dengan tindakan korektif,” tandasnya.
Sub Bagian Hukormas RSUP Prof Kandou juga menindaklanjuti pelaporan kepada lembaga Ombudsman. “Yang terpenting harus memenuhi persyaratan pelaporan sebagaimana diatur dalam Pasal 24 Undang-Undang 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman,” kata Kasubbag Novita, sembari menambahkan, dalam hukum pelaporan yang tidak diketahui unit bersangkutan maka komplain dapat diabaikan.
(vhp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here