Ibadah Keluarga Bukan Pilihan Tapi Keharusan, Jadikan Keluarga Kristen Sehat dan Kuat

0
379
TOMOHON-Peran keluarga sangat penting dan strategis bagi gereja maupun bangsa. Karena melalui keluarga yang kuat akan mampu meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan, pekerjaan, bahkan ekonomi.
Demikian disampaikan Ketua Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) Pdt Dr Hein Arina, dalam khotbahnya pada ibadah rangkaian Hari Keluarga Nasional ke-27. Yang disiarkan secara live streaming dari GMIM Efrata Kamasi Satu Tomohon, Minggu (28/6/2020) pukul 15.00 Wita.
Menurut Pdt Arina, keluarga adalah lembaga manusia paling tua di dunia. Bahkan lebih tua dari organisasi gereja maupun pemerintah.
Tapi, tantangan tidak sedikit dihadapi keluarga. Apalagi di masa Revolusi Industri 4.0, tantangan kebudayaan maupun ekonomi saat ini. Terlebih hidup di era menurunnya standar moral.
“Sebab itu, keluarga butuh ibadah, pujian, privasi, penerapan keseimbangan antara suami-istri, supaya tidak mudah hancur atau dikoyakkan,” ucap Pdt Arina.
Mengutip pembacaan Alkitab Yosua 24:14-15, Pdt Arina mengajak keluarga GMIM menjadikan ibadah bukan sebagai pilihan. Namun ibadah keluarga adalah keharusan atau kewajiban, supaya terus diperlengkapi menjadi keluarga Kristen yang kuat.
“Kita contohi ketokohan Yosua yang mampu berperkara baik dalam keluarga sehingga dapat kepercayaan lebih besar dari Tuhan Allah,” ujarnya.
Bagi keluarga Kristen, home sweet home bukan sekadar istilah kenyamanan di rumah. Anak-anak cinta rumah, orang tua cinta rumah.
“Setiap anggota keluarga yang rindu rumah walau ditengah kesibukan, pasti akan menumbuhkan saling percaya. Niscaya terwujud ketaatan, kesucian, realitas, bahkan kekudusan,” kata Pdt Arina.
Di masa pandemi saat ini, tutur Pdt Arina, menjadi momentum menguatkan peran keluarga. Manfaatkan work from home, play from home, bahkan pray at home untuk hadir lebih baik dalam keluarga.
“Yakinilah perlindungan Tuhan akan melawat setiap keluarga GMIM, sehingga senantiasa kuat, sehat, dan bahagia di situasi pandemi,” tandasnya.
(vhp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here