Sudah Empat KERT Meninggal Tertular antar Anggota Keluarga, Pemprov Sulut Gencarkan Himbauan Pakai Masker

0
305
MANADO-Kasus Covid-19 di Sulawesi Utara terus bertambah. Data hingga Jumat (12/6/2020), total kasus terkonfirmasi positif sebanyak 636 pasien. Dengan rincian, 481 pasien dalam perawatan, 99 pasien sembuh, dan 56 pasien meninggal.
Diakui Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sulut dr Steaven Dandel MPH, dari 56 pasien meninggal, ada empat kasus yang teridentifikasi tertular karena kontak erat risiko tinggi atau KERT dan bukan pelaku perjalanan.
Terindikasi kuat adanya penularan tanpa sengaja oleh anggota keluarga lain yang cukup aktif beraktivitas di luar rumah. “Jika tidak mematuhi anjuran protokol kesehatan, sangatlah berisiko sudah tertular namun hanya bergejala ringan bahkan tidak mengalami gejala sakit,” sebut Dandel.
Di satu sisi, Juru Bicara Gugus Tugas Bidang Kebijakan Dr Jemmy Kumendong menyebut, Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wagub Drs Steven Kandouw saat ini menggencarkan himbauan supaya masyarakat memakai masker.
“Budaya sehat ini memang sederhana tapi bisa mencegah penularan virus SARS-CoV-2,” ucap Kumendong. Selain itu, rajin cuci tangan dan perhatikan hidup bersih usai beraktivitas di luar rumah,” pungkasnya.
(vhp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here