Bupati CEP Terima Kunjungan Dari Kepala Balit Palma Sulut

0
70

 

MINSEL – Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu, menerima Kepala Balai Penelitian Tanaman Palma Badan Litbang Pertanian, Kantor Wilayah Kementerian Pertanian Sulut DR Ir. Ismail Maskromo M.Si, di Rumah Dinas Bupati Minsel pada Kamis (4/6/2020)

Kunjungan ini membahas berbagai hal khususnya dibidang pertanian dimana Bupati CEP senantiasa memiliki pemikiran dan ide kreatif yang dikolaborasikan dengan teknologi terbaru dunia pertanian.

FB_IMG_15913464536824022Kepala Balit Palma bersama kepala seksi jasa penelitian Engelbert Manaroinsong, SP. M.Si menyampaikan ucapan terima kasih kepada ibu Bupati dan pemerintah dalam rangka upaya meningkatkan pendapatan petani kelapa yang berada di Minahasa Selatan, karena wilayah ini merupakan salah satu sentra produksi kelapa di Sulawesi Utara.

Pada kesempatan ini Kepala Balai menyampaikan untuk dilakukan peremajaan kelapa untuk mengganti kelapa tua dengan kelapa Dalam atau kelapa Genjah Varietas Unggul Nasional sehingga produktivitas kelapa meningkat dari sebelumnya.

Selain itu, disampaikan juga peluang peningkatan pendapatan dengan mengembangkan kelapa kelapa eksotik yang mempunyai nilai ekonomi tinggi seperti kelapa kopyor dan pandan wangi.

FB_IMG_15913458317900024Kepala Balai membawa contoh buah kelapa eksotik yaitu kelapa kopyor dan kelapa pandan wangi dan langsung dicicipi oleh ibu Bupati dan ketua DPRD kabupaten Minsel.

Setelah berdiskusi dan makan siang, Bupati yang didampingi kepala dinas pertanian Minsel Frangky Pasla serta beberapa staf mengajak tim Balit Palma menuju lokasi pengembangan kelapa sekaligus calon lokasi untuk ditanami tanaman Palma eksotik seperti kelapa pandan wangi, kelapa kopyor, kurma serta tanaman buah dan hortikultura lainnya untuk dikembangkan sebagai daerah agrowisata yang baru di Sulawesi Utara.

Dengan begitu, Bupati CEP terdorong untuk mengembangkan dunia pertanian di Minahasa Selatan dengan ide pengembangan pertanian plus lokasi wisata tani dengan berbagai tanaman unggulan disamping tanaman-tanaman eksotik ada juga kelapa pandan wangi dan kopyor.

( Andy Runtunuwu )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here