Perawat Sulawesi Utara Topang Strategi Gubernur Olly Tangani Covid-19

0
677
On The Job Training harus diikuti para relawan perawat sebelum ditugaskan.
MANADO-Optimalisasi Pencegahan Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) di Sulawesi Utara yang diandalkan Gubernur Olly Dondokambey mendapat dukungan khusus dari DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Sulawesi Utara.
Dibuktikan dengan membludaknya para perawat yang bersedia menjadi relawan dalam perekrutan oleh Satgas Covid-19 PPNI Sulut. Ketua Tim Satgas Semuel Tambuwun SKM MKes menerangkan bahwa sampai saat ini sudah ada 170 relawan perawat yang mendaftar.
“Relawan Tim 1 telah bertugas sejak dua pekan lalu. Sedangkan Relawan Tim 2 akan bertugas mulai 2 Juni. Masing-masing tim berjumlah 20 orang,” sebut Tambuwun.
Sejauh ini, tim relawan perawat telah turun langsung membantu tim surveilans Dinkes Sulut untuk melakukan tracing kontak erat risiko tinggi kasus-kasus positif Covid-19. Baik itu berupa pemeriksaan rapid test maupun swab test.
DPW PPNI Sulawesi Utara menyerahkan tim relawan perawat kepada Dinkes Sulut untuk membantu tugas tim surveilans.
DPW PPNI Sulawesi Utara menyerahkan tim relawan perawat kepada Dinkes Sulut untuk membantu tugas tim surveilans.
Lokasi yang telah disasar yaitu Bandara, Pelabuhan, Lembaga Pemasyarakatan, Pasar, maupun Posko Satgas di Dinkes Sulut. “Relawan Perawat juga akan mensupport penanganan orang dalam pemantauan yang dikarantina di sejumlah rumah singgah yang disiapkan Pemprov Sulut,” ungkap Tambuwun didampingi Koordinator Ketenagaan Satgas Ns Oldi O Rembet.
Dia mengatakan, proses perekrutan relawan wajib memenuhi beberapa kriteria. Di antaranya, memiliki ijazah perawat, diutamakan mempunyai STR dan NIRA, sehat jasmani dan rohani, mendapat izin keluarga atau pimpinan, dan bersedia ditempatkan di manapun sesuai kebijakan PPNI Sulut. “Relawan perawat juga wajib mengikuti on the job training sebelum ditempatkan di area sesuai kebutuhan,” tambahnya.
Salah satu relawan perawat mengambil sampel darah bagi warga yang mengikuti rapid test.
Salah satu relawan perawat mengambil sampel darah bagi warga yang mengikuti rapid test.
Sementara Tim Pakar Satgas Ns Suwandi Luneto SKep MKes menyebut bahwa situasi pandemi saat ini membutuhkan penanganan yang komprehensif dari semua stakeholder  termasuk juga organisasi profesi (OP).
“Karena itu, DPW PPNI Sulut memanggil sejawat untuk bergabung dengan relawan penanggulangan Covid-19. Semoga perjuangan rekan-rekan sejawat dalam pengabdian mulia profesi kita, akan membawa daerah tercinta kita terbebas dari pandemi Covid-19,” pungkas Kabag SDM RSUP Prof Kandou yang juga Wakil Ketua DPW PPNI Sulut Bidang Pendidikan dan Pelatihan ini.
(vhp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here