Cegah Penyebaran Covid-19, Bupati VAP Imbau Umat Muslim Sholat Ied dilakukan di Rumah

0
1253

MINUT – Hari Raya Idul Fitri 1441 H segera dirayakan oleh umat muslim sedunia. Namun, ada hal yang berbeda bagi umat muslim saat merayakan Hari Lebaran seperti ditahun-tahun sebelumnya. Seperti biasanya, umat muslim memulainya dengan melakukan sholat ied di tempat terbuka atau pun di mesjid. Namun, ditengah Pandemi Covid-19 ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan imbauan agar Sholat Ied dilakukan di rumah saja, sesuai dengan protokol kesehatan yang diberikan pemerintah.

Menindaklanjuti , surat imbauan MUI, Bupati Minahasa Utara DR.(HC) Vonnie Anneke Panambunan (VAP) pun mengajak seluruh umat muslim di Minut, untuk melaksanakan Sholat Ied di rumah masing – masing.

“Sesuai dengan surat imbauan dari MUI, saya berharap agar warga muslim Minut melaksanakan Sholat Ied di rumah saja. Kita patuhi protokol kesehatan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid 19, seperti larangan berkumpul, menjaga jarak dan selalu menjaga kesehatan, ” pinta Bupati VAP.

Lanjut disampaikan Bupati VAP, dan saat ini Pemkab Minut sudah mengeluarkan surat yang berisi seruan bersama , yang juga ditandatangani Mejelis Ulama Indonesi (MUI) Kabupaten Minahasa Utara.

“Hari Idul fitri adalah hari kemenangan bagi umat muslim yang telah satu bulan penuh melaksanakan ibadah puasa. Kita semua pasti berharap di hari kemenangan ini, wabah pandemi Covid 19 akan segera berakhir ” kata VAP.

Untuk diketahui, dalam Surat Seruan Bersama yang ditandatangani MUI dan Ketua Gugus Percepatan dan Penanganan Covid- 19 Kabupaten Minahasa Utara yang juga Bupati Minut DR. Vonnie Anneke Panambunan ( VAP ) berisi empat point penting yang diantaranya :

  • Untuk kegiatan malam takbiran di mesjid dan musholah hanya dibatasi tiga orang , dan atau dapat menggunakan rekaman yang dapat diperdengarkan melalui pengeras suara dan tidak melakukan takbiran keliling.
  • Untuk Sholat Ied dilaksanakan dirumah , bersama dengan keluarga masing – masing.

Pada kesempatan tersebut, Bupati VAP juga menyampaikan ucapan selamat menyambut hari kemenangan ( Idul fitri ) bagi saudara – saudara umat muslim di Kabupaten Minut serta yang ada di Sulut. Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

(Budi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here