Tim Garuda, Garda Terdepan Layani Pasien di Irina F Isolasi RSUP Kandou

0
2269
Kabid Keperawatan RSUP Kandou Ns Suwandi Luneto SKep MKes memantau tim yang bertugas di lantai satu Irina F Isolasi.
MANADO-Tim Garuda merupakan istilah baru di Pelayanan Bidang Keperawatan RSUP Prof Kandou Manado.
Tim ini berisi para perawat sebagai garda terdepan untuk memberikan layanan asuhan keperawatan bagi pasien di Instalasi Rawat Inap (Irina) F Isolasi selama pandemi Novel Coronavirus atau Covid-19.
Menurut Kepala Bidang Keperawatan RSUP Prof Kandou Ns Suwandi Luneto SKep MKes, sampai saat ini sudah ada tiga Tim Garuda yang secara bergantian ditugaskan di Irina F Isolasi. Dengan total hampir 100 perawat.
Sebelum ditugaskan di Irina F Isolasi, kata Luneto, para perawat di-briefing supaya siap secara fisik maupun prosedur tetap yang diberlakukan di instalasi tersebut. Pada intinya, pelayanan asuhan keperawatan juga mengedepankan keselamatan dan kesehatan kerja.
“Setiap jadwal jaga (shift), perawat yang langsung berhadapan dengan pasien bertugas selama 4-5 jam, lengkap memakai hazmat gown,” sebut Luneto.
Kepala Irina F Isolasi Ns Stevy Kumayas SKep MKep mengungkapkan, pola manajemen Irina F Isolasi dalam menangani pasien sesuai kriteria Covid-19 kini lebih kompleks. Karena telah melibatkan multidisiplin ilmu.
“Jika dulu Irina F hanya khusus pasien dewasa, kini sudah ada pasien dewasa, lanjut usia, remaja, anak, bayi, maupun ibu hamil,” tutur Kumayas.
Kepala Irina F Isolasi ini merasa bersyukur kinerja jajarannya mendapat dukungan manajemen RSUP Prof Kandou. Baik itu Dirut, jajaran direksi, bahkan Bidang Keperawatan.
“Walau banyak tantangan pelayanan yang dihadapi, ternyata kami di-back up secara maksimal oleh semua elemen RS,” katanya.
Kumayas juga mengharapkan dukungan dan doa dari seluruh masyarakat. Supaya semua tenaga medis yang bertugas tetap diberi kekuatan dan kesehatan dalam memberikan pelayanan bagi pasien.
(vhp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here