Percepatan Penanganan Covid-19, Bupati James Sumendap Vidcon Bersama Gubernur dan Para Bupati/Wali kota se Sulut

0
73
Bupati Mitra James Sumendap saat melakukan Video Confrence dengan Gubernur dan Para Bupati/Wali Kota se-Sulut.

MITRA– Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dalam hal ini Bupati James Sumendap, SH, dalam rangka percepatan Penanganan COVID-19 di Kabupaten Mitra, melakukan Video conference (Vidcon) bersama Gubernur Sulut dan para Bupati/Walikota se Sulut, di Sport Hall Pemkab Mitra, Selasa (31/03/2020).

Bupati James Sumendap dihadapan Gubernur Sulut dan Bupati/Walikota lewat Video Conference mengusulkan, berkaitan dengan orang yang akan masuk di Sulawesi Utara untuk sesegera mungkin dibatasi, apakah itu lewat udara laut. Terkecuali untuk sembako dan kebutuhan kebutuhan pangan dan pokok bagi Sulawesi Utara.

Bupati juga melaporkan terkait penyebaran virus Corona di Minahasa Tenggara.

lanjutnya, untuk Orang dalam Pemantauan (ODP) ada 29 orang, orang yang dipantau dari daerah yang terjangkit 392 orang dan 3 orang Penderita dalam Pantauan (PDP), satu pendeeita sudah meninggal dunia dan 2 masih dirumah sakit, entah itu berstatus positif atau negatif. Untuk korban meninggal dunia, penanganannya sesuai SOP, termasuk penguburannya. Dan kini telah dilakukan pemantauan terhadap orang orang yang telah kontak langsung bersama almarhum, lapor Bupati James Sumendap.

“Oleh karena itu di Minahasa Tenggara berdasarkan pidato Presiden Jokowi dalam hal membatasi pergerakan orang antar Kabupaten dan Provinsi, Kabupaten Mitra sudah melakukan pengamanan lewat perbatasan perbatasan masuk di Kabupaten Mitra sejak Selasa (30/03/2020) malam, dengan satu catatan seluruh kebutuhan pokok sembako bahan bagunan dan lain lain bisa masuk di Mitra” ujar Bupati Sumendap

lanjutnya, begitu pula telah diterapkan orang yang sudah terjangkit dari luar daerah tidak diijinkan masuk di Mitra, apabila tidak mengikuti protokol sesuai yang diterapkan oleh WHO, pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi Sulut.

Bupati James Sumendap pun mengusulkan kepada Gubernur, terkait kelengkapan alat kesehatan, agar pemerintah provinsi dalam hal ini Dinas Kesehatan, lebih proaktif, sebab meski di beberapa daerah punya anggaran untuk membelinya, tapi kekurangan akses untuk pengadaannya.

“Saya berharap Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, dapat memfasilitasi bagi Kabupaten/Kota, agar ini bisa menjadi satu harga, satu pengadaan dan tidak berdampak di kemudian hari,” harapnya.

Bupati juga melaporkan bahwa Pemkab Mitra telah melakukan pergeseran anggaran sebesar Rp.14,8 Miliar dan masih mempunyai cadangan anggaran sebesar 40 Miliar untuk pergeseran termasuk di dalamnya pergeseran perjalanan dinas DPRD, perjalanan dinas Bupati dan perjalanan dinas lainnya, meski dalam pergeseran ini hanya satu anggota DPRD yang menandatangani, yaitu ketua DPRD, sedangkan dua Wakil Ketua DPRD tidak menyetujui pergeseran ini dan tidak menandatangani.

“kami telah mengkonsultasikan kepada pihak BPKP dan BPK, pihak Kejaksaan dan Polres, dan itu dapat dilanjutkan dan dapat dilaksanakan” tegas Bupati JS.

Terkait Ketersediaan ketahanan pangan Bupati James melaporkan bahwa, Kabupaten Mitra punya cadangan pangan di sampai dengan bulan Mei sekira 1.975 ton.

Ditambahkan Bupati, yang jelas Kabupaten Mitra tidak di lock Down, dan tidak ada karantina, tapi kami membatasi pergerakan orang mulai dari 15 Kabupaten/Kota yang ada di Sulut apalagi dari Provinsi lainnya.

Usai memberikan laporannya, Bupati James Sumendap pun pamit dan berterima kasih kepada Gubernur Olly Dondokambey.

“Terima kasih Pak Gubernur, kami di Mitra, dari 135 Desa dan 9 Kelurahan untuk ketahanan pangan masih kuat, karena terinspirasi dengan semboyan ODSK, Orang Desa Suka Kerja,” tutup Bupati James Sumendap.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey, usai mendengar apa yang disampaikan Bupati James Sumendap mengucapkan terima kasih atas masukan masukan dan usulan usulan yang sudah disampaikan, dan terkait meninggalnya Komisioner di Mitra itu Positif penyakit bawaan.

Video Conference yang dilaksanakan turut dihadiri, Wakil Bupati Drs. Jocke J. Legi, Sekda David Lalandos, Kapolres Mitra AKBP. Robby Rahardian,Sik, Danramil Mitra, para Asisten l, ll dan lll, Kepala kepala Dinas, Kepala Badan, staf ahli serta para Camat.

(Thety Metuak)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here