Berupaya Hadirkan Solusi Tambang Bowone, Pemkab Sangihe Imbau Masyarakat Tenang

0
633
Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Sangihe Frangky Nantingkaseh

TAHUNA – Terus mengambangnya nasib sejumlah masyarakat yang beraktifitas di Tambang Bowone dan sekitarnya di Kecamatan Tabukan Selatan Tengah akhirnya mendapat perhatian Bupati  Sangihe Jabes E Gaghana SE ME.

Melalui Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Frangky Nantingkaseh ketika dihubungi menyatakan bahwa mencermati berbagai opini yang berkembang baik ditengah masyarakat atau melalui media sosial terkait permasalahan tambang di Kampung Bowone Kecamatan Tabukan Selatan Tengah, maka Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe perlu menyampaikan beberapa hal sekaligus klarifikasi atas berbagai komentar maupun  respon masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten saat ini sedang melakukan koordinasi dengan pihak terkait bahkan Bupati Kepulauan Sangihe telah melakukan komunikasi langsung dengan instansi teknis Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral Daerah Propinsi Sulut terkait permasalahan ini. Kami berharap permasalahan ini dapat diselesaikan dengan solusi yang bijaksana tanpa mengabaikan aturan yang berlaku dan kepentingan rakyat di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Kami juga menghimbau kepada masyarakat penambang untuk tetap tenang dan tidak melakukan suatu hal berlebihan yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain”, ungkap Nantingkaseh.

Ia juga menyatakan terkait masuknya alat berat berula Escavator yang beroperasi di wilayah tambang Bowone, tidak sepengetahuan dan tidak pernah direkomendasikan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Pemerintah Daerah tidak pernah sedikitpun ada niat bahkan menghalangi masyarakat Sangihe yang bekerja berusaha mencari nafkah di lokasi tambang Bowone. Karena Pemkab memahami apa yang dilakukan masyarakat di tambang Bowone adalah sebuah perjuangan rakyat kecil dalam mempertahankan kehidupan keluarganya”, imbuh Nantingkaseh sambil menambahkan adanya pelarangan masyarakat untuk melakukan penambangan di Bowone, ini bukanlah kewenangan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Sementara itu salah satu tokoh pemuda Sangihe Yuharto Jangkobus, ST menyatakan sangat sependapat dengan upaya Pemkab Sangihe menghadirkan solusi ditengah kemelut tambang Bowone.

“Saya sangat setuju dengan upaya yang dilakukan Pemkab Sangihe yang mempunyai inisiatif untuk mempermudah kelangsungan kegiatan pertambangan di Bowone. Dan saya juga meminta sesegera mungkin  untuk berkordinasi dengan Pemprov  Sulut yang dalam hal ini mempunyai wewenang penuh tentang urusan pertambangan agar segala dinamika yang menjadi tanda tanya di lapangan bisa segera terselesaikan dengan penjelasan yang mempunyai dasar dan kekuatan hukum yang tetap sesuai aturan yang berlaku”, singkat Jangkobus.

(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here