Pemprov Sulut Jamin Perlindungan Bagi Tenaga Medis dan Non Medis Tangani Covid-19

0
516
Juru Bicara 1 Gugus Tugas Covid-19 Sulut Dr Jemmy Kumendong yang juga Karo Pemerintahan Setda Provinsi Sulut saat mengikuti rapat koordinasi antara Pemprov, Polda dan Kodam XIII/Merdeka, di Mapolda Sulut.
MANADO-Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara memberikan perlindungan penuh terhadap semua tenaga medis dan non medis yang sementara melakukan tugas kemanusiaan menangani Covid-19.
“Jika ada ancaman, tindakan kriminal atau hal lainnya yang bertentangan dengan hukum maka aparat kepolisian akan segera menindaklanjuti,” ujar Juru Bicara 1 Gugus Tugas Covid-19 Sulawesi Utara Dr Jemmy Kumendong.
Diterangkan Kumendong, Polda Sulut dan Kodam XIII/Merdeka masuk dalam struktur Gugus Tugas Covid 19 Sulawesi Utara. Pada rapat koordinasi antara Pemda, Polda dan Kodam pada Sabtu (11/4/2020) lalu, ada 8 poin penting yang dibahas untuk memperkuat sinergitas dalam upaya percepatan penanganan Covid-19 di daerah ini.
Pertama, penguatan sinergitas berupa Sistem Informasi Terpadu di antara Gugus Tugas Provinsi yang melibatkan Humas Pemprov, Humas Kodam, Humas Polda dan Humas Rumah Sakit agar sistem informasi yang disampaikan selalu sinkron.
Kedua, kesiapan sistem pengamanan dari TNI dan Polri di RS yang menangani pasien Covid-19, termasuk rumah singgah.
Ketiga, pendampingan dari aparat TNI dan Polri melalui koordinasi dengan Gugus Tugas kabupaten/kota untuk menghindari kendala dalam penjemputan pasien Covid-19.
Keempat, penguatan kerja sama dengan RS swasta dalam penanganan pasien Covid-19.
Kelima, perlu adanya SOP pemakaman pasien yang meninggal termasuk penyediaan APD bagi petugas dengan melibatkan TNI dan Polri yang bertugas sampai di tingkat desa.
Keenam, kebutuhan APD bagi aparat TNI dan Polri yang bertugas di lapangan untuk mencegah penyebaran Covid-19.
Ketujuh, status di Sulut belum PSBB sehingga tidak dibenarkan tindakan penutupan jalan utama dan menghentikan aktivitas ekonomi masyarakat. Yang perlu dilakukan justru sosialisasi dan edukasi bagaimana menghadapi penyebaran Covid-19 di daerah.
Kedelapan, penguatan koordinasi dan sinkronisasi secara berkelanjutan antara Gugus Tugas Provinsi dan Gugus Tugas Kabupaten dan Kota dalam mempercepat penanganan Covid-19 di Sulut.
(vhp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here