Tim Surveilans Sulut Tracing Hampir 100 Orang Kontak Erat Pasien Baru Positif Covid-19

0
8844
Tim surveilans Dinkes Sulut yang bertugas melacak dan memetakan warga yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi maupun ODP Covid-19.
MANADO-Pasca ketambahan dua warga Sulut yang dinyatakan positif SARS-CoV-2 (Covid-19) pada Senin (6/4), tim surveilans Gugus Tugas Covid-19 Sulawesi Utara langsung melakukan tracing (pelacakan) kontak erat terhadap dua pasien tersebut.
“Data yang saya peroleh hampir 100 orang. Pertama ada 61 orang dan kedua sekira 37 orang,” ujar Jubir Gugus Tugas Covid-19 Sulut Bidang Epidemiologi dr Steaven Dandel MPH, Senin (6/4) malam.
Pasca heboh bahwa kasus positif adalah PDP (pasien dalam pengawasan) yang telah meninggal, saat konferensi pers, Dandel memastikan kasus ke-4 dan ke-5 positif Covid-19 di Sulut merupakan warga Kota Manado.
“Dua-duanya berjenis kelamin perempuan. Umur 49 tahun dan 42 tahun. Tidak punya ikatan keluarga tapi sama-sama pernah melakukan perjalanan ke luar negeri,” ujar Dandel.
Informasi itu diperjelas dengan data sebaran kasus yang diposting website Covid-19 Kota Manado. Satunya adalah PDP 07 warga Kelurahan Ranotana Weru, Kecamatan Wanea. Telah dipantau sejak 25 Maret 2020.
Dan PDP 12, warga Kelurahan Winangun Satu, Kecamatan Malalayang. Dipantau sejak 5 April 2020.
“Kedua pasien sebelumnya berstatus PDP. Saat pemeriksaan rapid test beberapa waktu lalu menunjukkan hasil reaktif terhadap antibodi SARS-Cov-2 penyebab Covid-19. Selanjutnya dilakukan pengambilan swab untuk memastikan positif Covid-19,” imbuh Dandel, seraya menerangkan, kedua pasien tersebut sedang menjalani perawatan medis di ruang isolasi RS Wolter Monginsidi Manado.
(hvp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here