Penanganan Covid 19, Gaghana: Dandes Bisa Dialihkan ke Program Padat Karya

0
96
Bupati Sangihe Jabes E Gaghana SE ME bersama Ketua TP PKK Sangihe Dra Hermin Ririswaty Gaghana Katamsi ketika meninjau langsung petani holtikultura di Kampung Malamenggu Kecamatan Tabukan Selatan

TAHUNA– Bupati Kepulauan Sangihe Jabes E Gaghana SE ME, mengintruksikan Kapitalaung di 145 Kampung yang tersebar di Sangihe untuk mengalihkan Dana Desa (Dandes) tahun anggaran 2020 ke program padat karya daam kaitannya denganĀ  penanganan Covid 19.

Program padat karya yang dimaksudkan lanjut Gaghana adalah sebagai upaya menangulangi masyarakat yang kehilangaj pekerjaan imbas Covid 19.

“Terkait hal ini ada surat dari Kementerian Desa dan Transmigrasi untuk pemanfaatan Dandes guna dialihkan ke program padat karya. Dalam terjemahanya padat karya ini di Kabupaten Sangihe adalah bekerja dalam aspek sektor pertanian yakni holtikultura. Supaya masyarakat digaji, misalnya pekerja ada berapa orang didata dan dibayar gajinya dari Dandes, agar pendapatan masyarakat tidak terganggu oleh Covid-19, untuk gajinya tergantung dari kesepakatan masyarakat dengan kepala desanya berapa besar jumlah upah,” ungkap Gaghana.

Gaghana menambahkan, bila hingga bulan Mei 2020 penyebaran Covid-19 masih belum teratasi. Dirinya menghimbau kepada masyarakat, untuk dapat menanam tanaman yang dapat dipanen dalam jangka pendek.

“Kalau sampai bulan Mei atau Juni kondisi Covid-19 ini masih belum stabil. Kami selaku pemerintah akan mendorong kepada masyarakat untuk menanam tanaman jangka pendek yang langsung dipanen, program inilah yang kita dorong guna memperkuat basis eskonomi masyarakat kita,” imbuh Gaghana sambil menambahkan bahwa padat karya di sektor pertanian ini juga akan menambahk stok pangan lokal ditengah Covid 19 yang masih mengancam Indonesia.

(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here