Turunkan Angka Pengangguran dan Kemiskinan, VAP Layak Naik ke Level Lebih Tinggi

0
149
Bupati Minut DR (HC) Vonnie Anneke Panambunan, STh.

MINUT– Sejak dilantik menjadi Bupati Minahasa Utara (Minut) untuk yang kedua kalinya, pada 17 Februari 2016 lalu sampai dengan saat ini yang memasuki tahun kelima pemerintahannya, Bupati DR. (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh telah berhasil mengurangi angka pengangguran dan angka kemiskinan yang ada di Kabupaten Minahasa Utara.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistika (BPS) Provinsi Sulawesi Utara, yang menjelaskan bahwa angka pengangguran di Kabupaten Minahasa Utara setiap tahunnya mengalami penurunan drastis.

Hal ini berdasarkan Data Badan Pusat Statistika (BPS) Provinsi Sulawesi Utara, yang menjelaskan bahwa angka pengangguran di Kabupaten Minahasa Utara setiap tahunnya mengalami penurunan drastis.

Diawal dirinya menjabat ditahun 2016, angka kemiskinan di Kabupaten Minut adalah 7,90%. Masuk ditahun kedua kepemimpanannya, tahun 2017, angka kemiskinan turun menjadi 7,46 %. Masuk tahun 2018, angka kemiskinan makin turun menjadi 6,99%. Dan di empat tahun kepemimpinannya di tahun 2019, angka kemiskinan berada di angka 6,75%.

Dengan raihan seperti diatas, angka pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Minut pun mengalami kenaikan. Sejak dipimpin oleh Bupati Dr (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh, terlihat pada laporan dari Badan Pusat Statistik tahun 2018, dimana Kabupaten Minut berada pada ranking 5 dari 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara.

Begitupun dengan angka pengangguran di Kabupaten Minut yang menunjukkan penurunan yang signifikan.
Pada tahun 2017, angka pengangguran mencapai 9.84 persen, pada tahun 2018 turun menjadi 6.72 persen dan pada tahun 2019, angka pengangguran mengalami penurunan drastis hingga menjadi 5,01 persen.

Hal ini pun dibenarkan oleh Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Pemkab Minut Drs. Allan Mingkid

“Untuk angka pengangguran di Kabupaten Minahasa Utara, setiap tahunnya terus mengalami penurunan. Dan sesuai data BPS , saat ini berada pada peringkat tujuh (7) dari semua Kabupaten/Kota yang ada di Sulawesi Utara.
Angka pengangguran di Kabupaten Minahasa Utara setiap tahunnya terus mengalami penurunan, dan Pemkab Minut di bawah kepemimpinan Bupati VAP akan terus menekan angka pengangguran tersebut”, ujar Allan Mingkid.

Lanjutnya lagi, sedangkan untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Minahasa Utara berada pada posisi kelima dari semua Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara dengan angka 73,95 persen.

Menurut Allan Mingkid, jelas terlihat keberpihakan Bupati Panambunan kepada masyarakat dalam implementasi program ekonomi pemerintah yang bergerak mengatasi kemiskinan, kesenjangan sosial, dan terus membangun pemerataan, walaupun juga fokus di pembangunan infrastruktur.

Sementara itu, Bupati Minahasa Utara DR. (HC) Vonnie Anneke Panambunan S.Th sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Badan Pusat Statistika Kabupaten Minahasa Utara, yang telah menyajikan data, tentang keberadaan masyarakat Minut.

“Saya sangat berterima kasih kepada BPS yang sudah memberikan data. Data ini sifatnya sangat penting, sebagai bahan evaluasi Pemkab Minut, guna perbaikan kedepan”, ujar Bupati Vonnie Anneke Panambunan.

Menurut Bupati VAP dengan data tersebut Pemkab Minut dapat mengetahui pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Minahasa Utara dan pemerintah mengakui bahwa target penurunan angka pengangguran itu akan sangat dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi 2020.

Sebab pertumbuhan ekonomi aman menentukan seberapa besar perluasan kesempatan kerja baru yang berkualitas sehingga dapat menurunkan pengangguran terbuka.

“Untuk menekan angka pengangguran, saat ini ada berbagai macam kesempatan lapangan kerja yakni pembangunan tenaga listrik di Kema, tenaga Surya di Likupang, dan sejumlah perhotelan dan restoran diwilayah Minut, yang semuanya menyedot tenaga kerja dari Minut.

Wilayah Minut oleh pemerintah pusat saat ini dijadikan kawasan ekonomi khusus (KEK) dan sudah pasti akan menyerap tenaga kerja, yang ada di Kabupaten Minut.

“Karena hal ini tentunya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Minahasa Utara”, tutup Bupati Vonnie Anneke Panambunan.

Dengan pencapaian-pencapaian yang telah diraih oleh Kabupaten Minut melalui Bupati Minut Vonnie Panambunan, cukup pantas dan layak jika Bupati Vonnie Panambunan diberikan kesempatan yang lebih besar lagi pada jabatan Gubernur.

(Budi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here