Sukseskan Gerakan Cinta Bumi, Bupati JS Akan Menanam Pohon di Lokasi Pertambangan Ratatotok

0
96
Gubernir Sulut Olly Dondokambey dan Bupati Mitra James Sumendap.

MITRA– Gerakan Cinta Bumi yang digagas oleh Presiden RI ke 5 Ibu Hj. Megawati Soekarno Puteri terus digelorakan gaungnya oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin (9/03/2020) di Perkebunan Alasan Ratatotok menjadi bukti nyata suksesnya pelaksanaan kegiatan pencanangan Gerakan Cinta Bumi yang ditandai dengan hadirnya Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE bersama unsur Forkompimda Sulawesi Utara dan Forkompimda Minahasa Tenggara.

Dalam laporan Bupati James Sumendap dikatakan bahwa kondisi perkebunan Alason Ratatotok saat ini sangat mengerikan oleh karena adanya penambangan ilegal. Dihadapan Gubernur serta Forkompimda Sulawesi Utara dan Forkompimda Minahasa Tenggara, Bupati JS mengatakan bahwa penambangan liar terjadi di perkebunan Alason Ratatotok ini dilakukan dengan menggunakan alat berat sehingga membuat keberadaan perkebunan alason ini jadi rusak parah dan sangat membahayakan keselamatan masyarakat yang ada di Kecamatan Ratatotok.

“Satu tahun, 5 tahun, 10 tahun kedepan beberapa desa di wilayah ratatotok akan menjadi kuburan masal jika keberadaan hutan alason ini tidak segerat dilakukan penghijauan” ujar JS

Ditegaskan Bupati JS bahwa Pemerintah tidak melarang tapi pemerintah begitu terbuka dengan investasi. Tapi investasi yang dilakukan harus memperhatikan aturan-aturan dan ketentuan yang berlaku. Karena itu saya bermohon kepada Pak Gubernur Olly Dondokambey agar dapat memperhatikan hal ini, karena kewenangan urusan pertambangan telah menjadi domain Pemerintah Provinsi.

“Saya berharap Bapak Gubernur dapat menseriusi hal ini, karena jangan sampe bahaya banjir bandang akan mengancam keberadaan masyarakat di ratatotok kedepan” ungkap JS

Dihadapan Gubernur juga Bupati Mitra 2 periode ini menegaskan bahwa jajaran Pemkab Mitra setiap 2 bulan akan ada 1 hari yang akan saya liburkan untuk melakukan penanaman pohon dilokasi pertambangan yang ada di area pertambangan Ratatotok.

“Saya siap dimarahi Menpan dan Mendagri karena kebijakan meliburkan jajaran pemerintah untuk nelakukan penghijauan. Bagi saya keselamatan lingkungan dan masyarakat saya juga harus menjadi perhatian yang serius dari pemerintah” kata JS yang disambut dengan tepuk tamgan oleh warga yang hadir.

Sementara itu Gubernur Olly Dondokambey dalam sambutan mengatakan bahwa, beliau sangat kaget melihat kondisi lingkungan perkebunan alason yang ada. Selama ini saya berpikir bahwa aktifitas pertambangan yamg ada diwilayah ratatotok adalah pertambangan rakyat biasa.

“Saya kaget melihat kondisi kerusakan lingkungan perkebunan alason ini. Terlihat bahwa pertambangan disini dilakukan bukan dengan menggunakan tenaga manusia tapi pasti dengan menggunakan alat berat. Karena itu harus dihentikan” demikian kata Olly Dondokambey.

Setelah sambutan Gubernur bersama Bupati dan unsur Forkompimda Sulut dan Minahasa Tenggara melakukan pencanangan penanaman pohon dan pemasangan papan informasi laramgan untuk melakukan atifitas pertambangan diwilayah perkebunan alason dan sekitarnya.

(Thety Metuak)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here