Senator Liow Perjuangkan Kualitas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Sulut

0
151
Senator SBANL bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr Ir Siti Nurbaya Bakar MSc (kiri).
JAKARTA-Anggota DPD-RI dari Provinsi Sulawesi Utara Ir Stefanus BAN Liow MAP (SBANL) getol memperjuangkan aspirasi dan kepentingan daerah di pusat khususnya di bidang kehutanan dan lingkungan hidup.
Pertanggungjawaban moral dan politik tersebut dijembatani Senator SBANL saat rapat kerja (Raker) Komite II DPD RI dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (LHK) Dr Ir Siti Nurbaya Bakar MSc, di Kantor DPD RI, Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Senin (17/2/2020).
Berbagai usulan program strategis ini, aku SBANL, dia peroleh saat melakukan kajian bersama kelompok masyarakat, Dinas Lingkungan Hidup, maupun Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Utara.
Di dalamnya menyangkut berbagai permasalahan dan regulasi di bidang kehutanan dan lingkungan hidup, termasuk pengelolaan sampah.
SBANL antara lain menyebut perlu perhatian pemerintah pusat berupa Pembangunan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) yang representatif, pembangunan pengelolaan limbah medis berupa insinerator di Rumah Sakit/Puskesmas, pengadaan  kendaraan pengangkut sampah (truk sampah tertutup/compactor), mobil sampah dan motor sampah.
Secara khusus untuk motor sampah yang sudah diberikan sebelumnya, SBANL meminta agar segera diikuti dengan surat-surat untuk operasionalnya.
Lebih lanjut, SBANL meneruskan usulan di bidang kehutanan seperti pemberdayaan masyarakat sekitar kawasan hutan, pembangunan sarana prasarana wisata.
Tidak puas yang disampaikannya  secara lisan, usulan tertulis diserahkan langsung SBANL kepada Menteri Siti Nurbaya Bakar di sela-sela Raker tersebut.
Menteri LHK RI Siti Nurbaya Bakar merespon berbagai usulan seraya memberikan penekanan dukungan pemerintah pusat dalam peningkatan kapasitas serta langkah-langkah yang harus dilakukan pemerintah.
Siti Nurbaya Bakar yang juga pernah menjabat Sekretaris Jenderal DPD RI ini mengajak Anggota DPD RI dalam kemitraan sesuai tugas dan kewenangan karena memahami benar permasalahan dan kebutuhan di daerah serta mengawasi arah dan program kebijakan pemerintah pusat di daerah.
Dalam Raker dihadiri pula Sesjen, para Dirjen dan Deputi. Raker Komite II DPD RI dipimpin Ketua Yorrys Raweyai bersama tiga Wakil Ketua Dr Ir Abdullah Puteh, Bustamin SPd MH, Hasan Basri SE MH, didampingi pula Wakil Ketua III DPD RI Sultan Najamuddin SSos MSi.
(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here