Bekali Prajurit Di Lapangan Kodim 1301/Sangihe Gelar Lator Jab Ter Dan Intelejen

0
185
Latihan Perorangan Jabatan Teritorial Dan Intelijen (Lator Jab Ter dan Intelejen yang digelar di Aula Makodim 1301/Sangihe.

TAHUNA– Keberadaan Prajurit TNI AD yang tersebar di wilayah Kodim 1301/Sangihe, wajib memiliki kemampuan sekaligus strategi perorangan sesuai dengan jabatannya ketika diterjunkan ke tengah masyarakat.

Menyikapi hal ini,  Kodim 1301/Sangihe menggelar Latihan Perorangan Jabatan Teritorial Dan Intelijen (Lator Jab Ter dan Intelejen).

Agenda ini sendiri digelar mulai dari 10-12 Februari 2020 di Aula Makodim 1301/Sangihe di Kelurahaj Bungalawang Kecamatan Tahuna.

Dandim 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto S.I.P menyatakan pelatihan ini merupakan tahap untuk menguji keterampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh dan dilatihkan pada setiap waktu dan kesempatan, diharapkan hasil yang dicapai dalam latihan tersebut, dapat digunakan sebagai acuan dan bahan evaluasi dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari.

“Latihan Perorangan Jabatan Teritorial Dan Intelijen ini merupakan program latihan yang dilaksanakan setiap tahun, namun bukan berarti bahwa latihan hanya bersifat angin lalu saja, diharapkan prajurit betul-betul memperhatikan dan memahami sesuai tugas pokok masing-masing sebagai bekal prajurit di wilayah, utamakan Faktor keamanan Personil dan materiil” ungkap Christanto.

Sementara itu, Perwira Seksi Operasi Kodim 1301/Sangihe lettu inf Teni M Habel  menegaskan bahwa pembinaan latihan dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut dengan mengacu kepada program latihan sesuai dengan Program Kerja Kodim 1301/Sangihe tahun 2020 yang diawali dengan latihan perorangan.

“Kodim 1301/Sangihe selaku Komando pelaksanaan pembinaan telah membuat program kerja TA. 2020. Salah satu Program latihan yang harus dilaksanakan untuk mengetahui tingkat kemampuan prajurit sesuai jabatannya masing-masing dengan prinsip latihan bertahap, bertingkat dan berlanjut. Kegiatan ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan perorangan setiap prajurit, dalam rangka pembinaan satuan, sehingga senantiasa siap dalam melaksanakan tugas yang diberikan kepadanya”, tegas Habel.

Tingkat kecakapan yang diujikan meliputi kacakapan dua sampai dengan tujuh materinya disesuaikan dengan tingkat keterampilan masing-masing anggota meliputi, Materi BPUP 1 sampai dengan 4 / TNI AD (Tamtama), BPKJ 5 sampai dengan 7 / Teroterial (Bintara) dan BPKJ 5 sampai dengan 7 /Intel. Antara lain sikap teritorial, lima kemampuan teritorial, Nik Sar Pur, Spesialisasi Intel Teritorial, Spesialisasi Ketatalaksanaan Binter, Sistem Perencanaan, Pengendalian Binter, Bintahwil serta Bin Wanra.

(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here