Sistem Kesehatan Meningkat Pesat di Era ODSK, Tahun 2020 Bantu Iuran BPJS Kesehatan Hingga 40 Miliar Lebih

0
243
Gubernur Olly Dondokambey membagikan simbolis Kartu Indonesia Sehat kepada warga di Kabupaten Kepulauan Sangihe.
MANADO-Peningkatan dan perbaikan sistem kesehatan di Sulawesi Utara makin terasa di era pemerintahan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (ODSK).
Hal ini bisa terukur lewat peningkatan Usia Harapan Hidup penduduk Sulawesi Utara dari 71,02 tahun di tahun 2016 menjadi 71,26 tahun di tahun 2018. Data ini diperoleh melalui pengukuran oleh Badan Pusat Statistik (BPS).
Capaian ini melebihi Usia Harapan Hidup rata rata nasional yang mencapai 71,2 tahun. “Peningkatan Usia Harapan Hidup merupakan indikator universal untuk melihat perbaikan sistem kesehatan di suatu wilayah,” jelas dr Debie KR Kalalo MSc PH, Kepala Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara.
Warga yang membutuhkan sangat diperhatikan Gubernur dan Wagub Sulut.
Warga yang membutuhkan sangat diperhatikan Gubernur dan Wagub Sulut.
Di dalamnya, tambah dr Debie, ada upaya untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan, penurunan angka kematian ibu dan Balita, pengendalian penyakit dan kesehatan lingkungan serta pemenuhan tenaga kesehatan.
Tetapi kontribusi terbesar adalah peningkatan aksesibilitas masyarakat terhadap layanan kesehatan. Lewat bantuan Pemprov dalam membayar iuran BPJS Kesehtan bagi masyarakat yang memerlukan.
“Tahun 2019 ada sejumlah 17 miliar anggaran Pemprov dipakai untuk pembayaran iuran BPJS ini. Pada tahun 2020, jumlahnya naik mencapai 40 miliar rupiah lebih,” pungkasnya.
(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here