Bupati JS Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana

0
80
Bupati Mitra James Sumendap saat menghadiri Rakornas Penanggulangan Bencana di BNPB RI.

MITRA– Rapat Koordinasi Nasioanal (Rakornas) penanggulangan bencana, yang dilaksanakan BNPB. Yang secara langsung dibuka Presiden Joko Widodo di Sentul International Convention Center, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/20), dihadiri oleh Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH (JS).

Dihadapan peserta perwakilan seluruh provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia, Presiden menyoroti lemahnya manajemen kebencanaan di sejumlah daerah yang ada di Indonesia.

“Seluruh daerah yang ada di Indonesia, dimintakan agar jangan hanya mengandalkan infrastruktur untuk mencegah bencana, tapi yang utama harus ada perbaikan ekologi,” kata Presiden Jokowi.

Pada kesempatan tersebut, Presiden juga mengajak seluruh unsur pemerintah dan masyarakat agar dapat bergandengan tangan meminimalisir dampak negatif bencana dengan upaya menjaga kelestarian alam.

“Kita jaga alam, alam jaga kita,” ujar Presiden Jokowi.

Hal yang sama juga dikatakan Bupati James Sumendap usai mengikuti rapat, sangat tepat diadakan rapat koordinasi nasional ini guna sinergitas penyelenggara penanggulamgan bencana antara BNPB dengan kementerian terkait dan BPBD seluruh indonesia.

“Dengan mengikuti Rakornas ini sangat diharapkan adanya sinergitas dari pemerintah pusat dengan daerah dapat terjalin, sehingga penanganan bencana dapat dilakukan secara maksimal,” ucap Sumendap.

Sumendap juga berjanji akan terus meningkatkan kapasitas penyelenggaraan penanggulangan bencana di Kabupaten Mitra serta menyiapkan anggaran yang cukup sesuai kemampuan APBD dalam mengatasi bencana yang mungkin terjadi di Mitra.

Selain itu, dikatakan bapak pembangunan Mitra ini bahwa dengan adanya slogan dan moto ‘Mitra Hebat, Bergerak Cepat’ tentu hal-hal yang menyangkut becana alam sudah sangat siap diantisipasi.

“Saya memohon agar para hukum tua dan camat se-Mitra agar dapat melakukan koordinasi dengan BPBD untuk melakukan tidakan cepat tanggap. Apa bila sewaktu-waktu terjadi bencana, masalah dapat teratasi lebih cepat,” pinta Sumendap.

(Thety)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here