Gejala 2019-nCOV Mirip Sakit Flu

0
203
dr Agung Nugroho SpPD menjadi pemateri pada agenda penyuluhan yang digelar IPKRS RSUP Prof Kandou yang dipimpin dr Neni Ekawardani.
MANADO-Gejala seseorang terkena virus corona (2019-nCOV) mirip dengan gejala penyakit flu.
Namun, pasien tersebut wajib memenuhi kriteria pendukung seperti pernah ke luar negeri (China), pernah kontak dengan orang sakit yang berasal dari China.
Kemudian mengalami batuk, nyeri otot, demam, mual, muntah, diare, sakit menelan, pilek, dan bersin-bersin.
Hal itu diterangkan dr Agung Nugroho SpPD saat penyuluhan yang digelar Instalasi Promosi Kesehatan RSUP Prof Kandou, di Apotek Rawat Jalan, Kamis (30/1/2020).
Lanjutnya, 2019-nCOV atau 2019 novel coronavirus sangat jarang menyerang anak-anak. Kelompok rentan di antaranya, lanjut usia, penderita penyakit menahun seperti sakit ginjal, jantung, maupun paru, serta pasien dengan daya tahan tubuh rendah.
Cara penularannya melalui percikan dahak yang mengandung kuman sewaktu batuk atau bersin, kontak kulit dengan orang yang sakit.
Untuk pencegahan, dr Agung menyarankan supaya menggunakan masker, menghindari kerumunan massa, menghindari sarana publik, tunda bepergian bila tidak perlu, dan segera hubungi sarana kesehatan jika merasa demam dan batuk.
“Sejauh ini belum ada pasien virus corona di Indonesia terutama di Sulawesi Utara. Jangan panik tapi tetap waspada,” tandas dokter yang bertugas di Bagian Infeksi Poliklinik Penyakit Dalam RSUP Prof Kandou ini.
(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here