Minim Dukungan OPD, PasTaNe ‘Baru Sebatas’ Ajang Setor Muka ASN Pemkab Sangihe

0
171
Suasana saat pelaksanaan PasTaNe yang menjadi ajang setor muka ASN ke Bupati.

TAHUNA -Upaya Bupati Sangihe Jabes E Gaghana SE ME dalam berbagai terobosan untuk memajukan Sangihe hingga sekarang ini, belum mampu ditunjang oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Buktinya program Pasar Tani dan Nelayan (PasTaNe) yang digadang-gadang sebagai salah satu solusi meningkatkan pendapatan petani dan nelayan sejak di launching hingga sekarang masih sepi pengunjung maupun pembeli.

Ketua LSM Lapek Asis Janis ketika dihubungi menyatakan harusnya PasTaNe yang berlokasi di Pasar Tona Kecamatan Tahuna Timur wajib didukang oleh semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dukungan OPD yang dimaksud disini adalah bagaimana setiap OPD dalam tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi) mampu memberikan inovasi dala mendukung PasTaNe.

“Justru yang saya lihat tiap pelaksanaan PasTaNe, OPD yang hadir hanya gaya-gayaan dan setor muka ke Bupati. Padahal bukan ini yang diharapkan dari Bupati untuk mensukseskan program ini,” ungkap Janis.

Kalau setiap pelaksanaan PasTaNe hanya sebagai ajang setor muka Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Bupati, maka program ini secara perlahan tapi pasti akan mubasir.

“Harusnya setiap OPD punya inovasi yang dihadirkan dalam mendukung program. Mulai dari penyiapan pasokan hasil pertanian dan perikanan yang memadai hingga mampu menghadirkan masyarakat umum untuk bertransaksi di PasTaNe. Nah bagaimana ini bisa dilakukan tentunya salah satunya adalah upaya saling mendukung lintas sektoral”, jelasnya kembali.
Disisi lain Janis merasa prihatin dengan pelaksanaan PasTaNe sebab kalau hanya mengandalkan ASN yang melakukan transaksi jual beli, maka belum mampu menopang peningkatan pendapatan petani dan nelayan. Sebab belanja ASN hanya untuk kebutuhan komsumsi rumah tangga yang sangat terbatas”, ungkapnya kembali.

Salah satu solusi yang bisa saya tawarkan disini adalah difungsikañya kembali terminal Tona.

“Dinas Perhubungan yang punya kompetensi dengan terminal, baiknya segera action. Dengan difungsikanya terminal Tona saya yakin meski belum seperti diharapkan tetap sudah akan memberi nilai tambah untuk mensukseskan keberadaan PasTaNe di Pasar Tona”,  imbuhnya.

(sam)

iklan-andy.jpg iklan-andy.jpg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here