Tinjau Bandara Hingga Rumah Sakit, Pemprov dan DPRD Sulut Pastikan Pencegahan Virus Corona

0
72
Rapat Dengar Pendapat antara Komisi IV DPRD Sulut dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pariwisata.
MANADO-Pemerintah Provinsi bersinergi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara terkait pencegahan kasus virus corona (2019-nCoV) di tingkat global.
Menurut Kepala Dinas Kesehatan dr Debie Kalalo MSc PH, upaya bersama ini diharapkan dapat menenangkan masyarakat terkait isu virus baru dari Wuhan, China tersebut.
“Masyarakat Sulawesi Utara diharapkan tenang dan beraktivitas seperti biasa. Begitu juga dengan para turis dari berbagai negara supaya tetap enjoy melakukan perjalanan wisata di daerah ini. Apalagi Gubernur Sulut Olly Dondokambey sudah menjamin daerah ini aman,” sebut Kalalo.
Lanjutnya, Pemprov Sulut bersama Kementerian Kesehatan tiada henti melakukan koordinasi. Termasuk memperketat pintu-pintu masuk di wilayah Indonesia termasuk di Sulawesi Utara.
“Alat thermal scanner telah disiapkan di bandara dan RS sudah disiapkan untuk merespon cepat juga penanganan lebih lanjut,” kata Kalalo.
Wakil Ketua DPRD Sulut Billy Lombok saat konferensi pers usai peninjauan di RSUP Prof Kandou.
Wakil Ketua DPRD Sulut Billy Lombok saat konferensi pers usai peninjauan di RSUP Prof Kandou.
Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sulut Billy Lombok usai mengunjungi WNI berprofesi tour guide sebuah maskapai nasional yang dalam pengawasan di RSUP Prof Kandou, menyatakan bahwa kondisinya sudah membaik.
“Kami dapat penjelasan dari direksi RSUP Prof Kandou bahwa pasien tersebut hanya menderita flu biasa. Walau masih menunggu hasil laboratorium yang sampelnya dikirim ke Jakarta,” sebut Lombok.
Lombok menekankan, DPRD Sulut akan memperjuangkan anggaran supaya ada penambahan alat-alat penunjang di bandara maupun di RS. “Supaya penanganan kasus-kasus kesehatan yang penyebaran secara global, daerah kita sudah siap mengantisipasi,” pungkasnya.
Usai hearing dengan perangkat daerah di jajaran Pemprov Sulut, Wakil Ketua DPRD bersama sejumlah personel Komisi IV dan Dinkes Sulut, meninjau langsung prosedur penanganan di bandara dan RSUP Prof Kandou.
Di bandara, para legislator disambut manajemen PT Angkasa Pura Bandara Sam Ratulangi Manado dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Manado.
Kemudian, di ruang isolasi Irina F, rombongan disambut Plh Direktur Utama RSUP Prof Kandou Dr dr Ivonne Rotty MKes juga Direktur Keuangan dan Administrasi Umum Dewi Anggraeni SE MM.
(***)
iklan-andy.jpg iklan-andy.jpg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here