Bupati VAP Ikut Dampingi Menristek Resmikan PLTMH di Desa Tatelu

0
135
Peresmian PLTMH di Desa Tatelu oleh Menristek Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, yang juga turut dihadiri oleh Bupati Minut Vonnie Panambunan.

MINUT –Kunjungan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro dalam rangka meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Berbasis Turbin Ulir bertegangan 220 Volt dengan daya 20.000 Watt, di Desa Tatelu Kecamatan Dimembe pada Jumat (17/1/ 2020), didampingi oleh Bupati Minahasa Utara (Minut) DR. Vonnie Anneke Panambunan S.Th (VAP).

Menristek Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro saat menandatangani prasasti peresmian PLMTH
Menristek Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro saat menandatangani prasasti peresmian PLMTH

Saat mendampingi Menristekdikti sewaktu peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH), Bupati Panambunan mengatakan, sangat mengapresiasi kerja keras yang dilakukan oleh para anak bangsa, sehingga hasilnya bisa dinikmati oleh masyarakat banyak.

Tukar menukar Cinderamata.
Tukar menukar Cinderamata.

“Ini hal yang luar biasa. Saya sangat mengapresiasi kerja anak bangsa yang telah  bekerja keras dan hasilnya boleh di nikmati masyarakat,” kata Bupati Vonnie Panambunan memberikan apresiasinya.

Ditambahkan VAP, bahwa Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Berbasis Turbin Ulir bertegangan 220 Volt dengan daya 20.000 Watt ini sekarang bisa di nikmati masyarakat Minahasa Utara.

Saat memantau operasional PLTMH Tatelu.
Saat memantau operasional PLTMH Tatelu.

“Nantinya juga akan dinikmati oleh masyarakat Sulawesi Utara tentunya”, ujar Bupati Panambunan.

Oleh karenanya, Bupati Vonnie Panambunan pun mengimbau masyarakat yang berada di sekitar PLTMH untuk bersama-sama mengawasi, ikut menjaga dan merawat pembangkit listrik ini.

“Untuk itu saya mengimbau masyarakat sekitar agar bersama-sama mengawasi, menjaga dan merawat pembangkit listrik ini”, pinta Vonnie Panambunan.

Foto bersama usai peresmian PLTMH.
Foto bersama usai peresmian PLTMH.

Untik diketahui, listrik yang berasal dari PLTMH ini dihasilkan oleh kekuatan debit air yakni Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) menjadi temuan baru, teknologi berbasis turbin ulir ini ditemukan oleh DR. Tineke Saroinsong SST, M.Eng, yang merupakan program pengembangan teknologi industri yang dibiayai oleh kementerian riset dan teknologi, kerja sama dengan pendidikan tinggi (Kemeristek Dikti).

(Budi)

iklan-andy.jpg iklan-andy.jpg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here