Bandara Sam Ratulangi Layani Dua Juta Penumpang, Wisman Naik 5 Persen

0
362
GM Bandara Sam Ratulangi Minggus ET Gandeguai diwawancarai usai upacara pembukaan Posko Terpadu Nataru 2019/2020, Kamis (19/12/2019) pagi.
MANADO-General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus ET Gandeguai menyampaikan bahwa selama periode Januari-November 2019, pihaknya telah melayani sebanyak 2.022.842 penumpang.
Jumlah tersebut mengalami penurunan sebanyak 21% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Hal ini berbanding terbalik dengan arus wisatawan mancanegara (Wisman) yang masuk ke Sulawesi Utara melalui Bandara Sam Ratulangi Manado.
Mulai Januari hingga bulan ke sebelas tahun ini, tercatat sebanyak 121.730 Wisman berkunjung ke Sulawesi Utara. Angka itu mengalami kenaikan sebanyak 5% dibanding tahun 2018.
Di sisi lain, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara juga terus berinovasi menjadikan sektor pariwisata sebagai andalan penggerak ekonomi daerah.
Berbagai rute penerbangan baru ikut dibuka bekerjasama dengan sejumlah maskapai penerbangan.
Di tahun ini, rute Fuzhou-Manado telah terbang perdana dengan maskapai Lion Air pada 20 November 2019 lalu. Rute dari China ini dijadwalkan sebanyak tiga flight setiap minggu.
Pada tahun 2018, rute penerbangan dari Manado ke kota lainnya di China di antaranya Guangzhou, Shanghai, Changsha dan Tianjin berhasil mendatangkan ratusan ribu turis dari negara Tirai Bambu tersebut.
(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here