KPU Sulut Sosialisasikan Syarat Balongub dan Wagub Jalur Perorangan di Mitra

0
38
KPU Sulut saat sosialisasi bakal calon gubernur dan wakil gubernur jalur perorangan di Kabupaten Mitra.

MITRA– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), melaksanakan sosialisasi syarat bakal calon gubernur dan wakil gubernur jalur perseorangan, dengan peserta stakehoder terkait di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sabtu (7/12/2019) di Resto Green Garden Ratahan.

Ketua Divisi Teknis KPU Sulut Yessy Momongan menjelaskan, sesuai ketentuan yang diatur dalam PKPU, calon perseorangan yang ingin maju di Pilgub Sulut 2020, harus mendapat dukungan sebanyak 190.812 e-KTP yang tersebar paling sedikit di 8 kabupaten dan kota.

“Pendaftaran dan pengumpulan KTP dukungan sesuai tahapan mulai 16-20 Februari 2020. Sedangkan untuk bakal calon dari jalur partai politik pendaftarannya dilakukan pada bulan Juni,” jelas Momongan sembari mengingatkan, sesuai aturan KTP TNI-Polri, ASN, Kepala Desa/Hukum Tua beserta perangkat desa tidak berlaku untuk dukungan bagi balon perseorangan.

Sementara itu, Ketua Divisi Data KPU Sulut Lanny Angrainy Ointu mengatakan, kecanggihan ‘zaman now’ tidak disia-siakan lembaganya untuk mempermudah warga menikmati pesta demokrasi. Terutama dalam memperoleh informasi tentang data pemilih dan lokasi (TPS) pemilih akan menggunakan hak suaranya.

“Ada aplikasi yang sedang kami siapkan untuk masyarakat pemilih. Ketika ada pemilih yang ingin tahu akan menggunakan hak pilih di TPS mana, tinggal buka aplikasi di HP, masukan nama dan nomor KTP, secara otomtis informasi yang dibutuhkan akan ditampilkan,” ungkap Lanny.

Lanjut dikatakan wanita berparas cantik ini, KPU akan memulai tahapan pemutakhiran data pemilih pada bulan Januari 2020. Pihaknya bertekad untuk menghadirkan data pemilih yang akurat sehingga persoalan yang terjadi pada agenda-agenda sebelumnya bisa diminimalisir.

“Januari KPU melalui PPDP akan melakukan coklit. Mohon warga dapat berpartsipasi aktif terhadap petugas, dengan memberikan elemen data yang akurat,” harapnya sekaligus mengajak seluruh pihak secara khusus pers, dapat mengawal KPU sehingga seluruh tahapan dilakukan secara terbuka dan transparan, menuju Pilkada serentak 2020 yang terpercaya bahkan berintegritas.

Senada dikatakan Ketua KPU Mitra Wolter Dotulong. Diutarakannya, sukses agenda Pilgub dibutuhkan peran dan keterlibatan bersama semua pemangku kepentingan didalamnya masyarakat. “Tujuan kegiatan ini agar informasi bisa tersebar. Siapa tahu dari Mitra ada yang mau maju di Pilgub,” tandas Wolter.

Disisi lain, Wakil Bupati Mitra Drs Jocke Legi yang hadir pada kesempatan itu menilai, sosialisasi yang dilalukan KPU sangat bermanfaat sebagai informasi yang membuka wawasan tentang kepemiluan. “Luar biasa karna kita dapat informasi terbaru soal proses jalur perseorangan,” tukas Legi.

Turut hadir perwakilan dan pihak TNI/Polri, camat, ormas perempuan, Bawaslu Mitra diwakili pimpinan Dolly Van Gobel, Komisioner KPU Mitra Otnie Tamod, Otniel Wawo, Johnly Pangemanan dan Irfan Rabuka, unsur pers dan undangan lainnya.

(Thety Metuak)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here