Dandim 1302/Minahasa Hadiri Kegiatan Sosialisasi Pencegahan Karhutla

0
45
Komandan Kodim 1302/Min Letkol Inf Slamet Raharjo S.Sos, M.Si, saat memberikan penjelasan mengenai pencegahan Karhutla.

MITRA -Komandan Kodim 1302/Min Letkol Inf Slamet Raharjo S.Sos, M.Si, menghadiri kegiatan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang digelar di Gedung BPU Desa Belang Kecamatan Belang, Minahasa Tenggara,  Kamis (05/12/19).

Pada kesempatan ini, Komandan Kodim 1302/Min memberikan sambutan, pencegahan dan antisipasi kebakaran hutan.

“Bapak dan Ibu-ibu sekalian yang saya hormati, Instruksi dari Presiden RI, tentang mencegah dan mengantisipasi adanya kebakaran hutan, untuk mengantisipasi hal tersebut, kita harus memperhatikan   4S, yakni Sadar, tentang penyebabnya, sadar, akan pencegahannya, sadar akan dampaknya, dan sadar akan penanggulangannya.

Lebih lanjut Dandim menjelaskan, “S” yang pertama adalah Sadar tentang penyebabnya, maksudnya adalah seringnya terjadi kebakaran lahan atau hutan diakibatkan karena kelalaian manusia, seperti contoh membuang puntung rokok sembarangan padahal rumput saat itu sedang mengalami kekeringan, maka hal tersebut akan menimbulkan kebakaran.

“Kemudian “S” kedua, sadar akan pencegahannya, kita semua harus selalu berusaha untuk mencegah jangan sampai terjadi kebakaran hutan dan lahan di sekitar kita,” ucap Prajurit yang berpangkat Letnan Kolonel ini.

Lanjutnya lagi, kemudian “S” yang ketiga, kita  harus menyadari bahwa dampak darikebakaran hutan dan lahan tersebut pastilah sangat buruk bagi kelangsungan hidup warga masyarakat, contohnya, kebanyakan usai kebakaran hutan pasti menjadi gundul, tanah menjadi gersang, hilangnya sumbera Air, dan  ”S” yang ke Empat, sadar akan penanggulangannya, maksudnya, bila ada kejadian kebakaran maka dengan penuh kesadaran kita semua harus ikut terlibat dalam menanggulanginya atau berusaha untuk memadamkannya.

Turut hadir serta dalam kegiatan tersebut, Dandim 1302 / Min. Letkol Inf Slamet Raharjo. S.sos. Msi,
Kapolres Mitra AKBP Robby M Rahardian .Sik, Kajari Kab Minsel I. Wayan Eka Miarta .SH .MH, Bupati Mitra diwakili oleh  Asisten Satu Pemda Mitra.  Yani Rolos. S.sos .ME, Kabid Pancegahan dan Kesiapsiagaan Kab. Mitra bpk Martos K. P. Saturuma, S.Pd, Kabag Ops polres Mitra Kompol P. Sambodeside,  Camat belang Ibu Munira bin ali ,SE, Hukum Tua se- Kec Belang, Danramil 1302-12/ Belang Diwakili oleh Serda Lasangka, Tokoh Agama, Tokoh Msyarakat, dan  Tokoh Adat.

(Thety Metuak)

iklan-andy.jpg iklan-andy.jpg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here