Rumah Panggung Milik Petrus Runtunuwu di Desa Tumpaan, Hangus Dilalap Api

0
449

 

MINSEL – Satu unit rumah panggung di Desa Tumpaan Baru, Kecamatan Tumpaan, Kabupaten Minahasa Selatan, mengalami musibah kebakaran pada Senin (02/12/2019). Diketahui rumah tersebut milik bapak Petrus Runtunuwu Wong (67), seorang pensiunan guru, warga desa setempat.

Dalam musibah tersebut terdapat dua kendaraan bermotor yang ikut hangus. Menurut keterangan saksi, Semmy Sarumaha (54), kepulan asap awalnya terlihat di bagian lantai atas rumah, yang diikuti oleh kobaran api.

Kronologi kejadiannya, Saat terjadi kebakaran Aliong Runtunuwu selaku cucu dari Yus Runtunuwu yang adalah pemilik rumah tersebut, sedang berada di dalam kamar langsung keluar dikarenakan api dan asap sudah mengepul dalam ruangan rumah lantai atas.

IMG-20191203-WA0007Aliong pada saat itu keluar dan tidak ada jalan turun karena api begitu cepat menyambar rumah bagian atas, langsung melompat dari lantai dua untuk menyelamatkan diri.

Sehingga Aliong terkena luka bakar ringan dibagian belakang di karenakan hawa panas dari api tersebut.

Begitu juga pemilik rumah, Petrus Runtunuwu, yang sedang duduk dilantai bawah saat mendengar orang berteriak kebakaran langsung mengamankan cucunya keluar dari dalam bangunan rumah.

2 (dua) unit mobil pemadam kebakaran Pemkap Minsel yang di pimpin langsung Kasat Pol PP dan Damkar Henri Palit di bantu Koramil  dan Polsek setempat berhasil memadamkan api meski rumah tersebut rata dengan tanah.

IMG_20191203_084701Mobil pemadam juga berhasil mematikan api yang sudah merembet di tiga rumah yang berdekatan dengan rumah yang terbakar.

Sementara Kapolsek Tumpaan Iptu Karel Lasut mengatakan bahwa,
“Saksi selanjutnya memberitahukan kepada warga sekitar yang kemudian bersama-sama memadamkan api. Saat kami tiba di lokasi kejadian, api sudah membesar; sehingga kami bersama warga dibantu Dinas Damkar Pemkab Minsel, berupaya memadamkan nyala api,” terang Kapolsek Tumpaan Iptu Karel Lasut.

Lanjut Kapolsek, “Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran rumah ini, namun kerugian material ditaksir mencapai Rp. 350.000.000,- (Tiga ratus lima puluh juta rupiah). Untuk penyebab kebakaran diduga karena arus pendek listrik atau korsleting arus listrik,” pungkas Kapolsek Tumpaan.

( A’RUN )

iklan-andy.jpg iklan-andy.jpg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here