Bupati James Sumendap Harap Para Guru Bisa Berinovasi dalam KBM

0
29
Pertemuan para guru Kabupaten Mitra dengan Bupati James Sumendap.

RATAHAN – Pekerjaan menjadi seorang guru di zaman now dinilai sangat vital dalam membentuk generasi penerus bangsa. Guru diminta untuk tidak terjebak pada cara belajar konvensional tapi mengembangkan cara yang lebih menarik dan disukai anak didik sehingga menggairahkan minat belajar anak.

Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap (JS) mengatakan, perubahan terjadi seiring dengan masuknya generasi milenial duduk di jajaran Kabinet Indonesia Maju yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim.

“Pak Nadiem, dalam pidatonya, dia mau guru jangan monoton. Tidak terikat dalam suasana yang kaku, walaupun acuannya masih dari Kurikulum 2013. Sekolah dan guru-guru diberikan kewenangan penuh untuk melaksanakan character building (pembangunan karakter anak). Masa depan pendidikan anak anak itu ditentukan oleh guru-guru,” ujar Bupati Sumendap dalam peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-74 tahun 2019, di Lapangan Ompi Ratahan, Selasa (26/11/2019) kemarin.

Para guru di Mitra diminta berinovasi dalam menghadirkan kegiatan belajar mengajar (KBM) yang up to date. Namun juga perlu mawas diri sehingga tidak terjebak pada kecanduan gadget dan internet.

“(guru) harus kreatif, ini jaman milenial. Tapi juga bukan jaman alpaka, karena arus globalisasj yang luar biasa sehingga kebablasan. Manfaatkan teknologi tapi jangan guru hanya sibuk (berfoto) selfie dan browsing di internet. Tugas guru supaya anak-anak di Minahasa Tenggara bisa lebih pintar, cerdas dan lebih baik,” tegasnya.

Bupati JS mengijinkan KBM dilakukan di luar kelas pada satu hari tertentu setiap minggunya. “Hari selasa keluar dari kelas, belajar di bawah pohon, di kebun. Belajar sesuai jadwal mata pelajaran. Bisa belajar di Kantor Bupati, di kantor dinas, di pantai, di gunung,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Umum Panitia yang juga Ketua DPRD Mitra Marty M Ole mengatakan, kegiatan di tahun ini bertema : Peran Strategis Guru Dalam mewujudkan SDM Indonesia Unggul. Adapun kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen guru serta pemangku kepentingan di bidang pendidikan dalam upaya mencerdaskan dan membangun karakter bangsa, memacu kinerja dan kedisiplinan guru dalam menjalankan tugas kerja secara profesional.

Tujuannya adalah untuk mempersiapkan generasi emas Indonesia tahun 2045. Memupuk rasa kesatuan guru dalam organisasi yang independen. Memperkokoh solidaritas dan kesetiakawanan anggota dan meningkatkan rasa kepercayaan masyarakat terhadap guru, yang tugasnya menjadikan generasi penerus bangsa yang cerdas, kompetitif dan bermartabat,” tandasnya.

Turut hadir dalam HGN 2019 Wakil Bupati Jesaja Jocke O Legi, Kapolres Mitra AKBP Robby Rahardian, Sekda Mitra Robby Ngongoloy, Asisten 1 Jani Rolos, Asisten 2 Joutje Wawointana, Asisten 3 Frits Mokorimban, para kepala SKPD di antaranya Kepala Dinas Pendidikan Ascke Benu, para Kabag di antaranya Kabag Umum Arce Kalalo, Kabag Humpro Arnold Mokosolang, para anggota DPRD di antaranya Semuel Montolalu, Ketua PGRI Berty Meteng, Sekretaris PGRI Semuel Tampinongkol, para kepala sekolah dan para guru se-Kabupaten Mitra serta tamu dan undangan lainnya.
(Thety Metuak)

iklan-andy.jpg iklan-andy.jpg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here