Sindikat Pembobol Bank Modus Kredit Pensiunan di Manado, Berhasil Diamankan Polisi

oleh -182 Dilihat
Polisi mengamankan satu orang tersangka ST (50), dan barbuk.

MANADO – Wadir Reskrimsus Polda Sulut AKBP Adam Erwindi didampingi Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Sulut AKBP Sulaiman Dai dan Kasubdit Perbankan AKBP Iwan Permadi, berhasil membongkar praktek pembobolan bank, modus operandi kredit Briguna Purna (kredit pensiun) dengan memalsukan identitas nasabah. Polda Sulawesi Utara melalui Subdit Perbankan Direktorat Reskrimsus. Hal tersebut disampaikan  di Gedung Reskrimsus Mapolda Sulut, Selasa (19/11/2019).

Dijelaskan oleh Wadir, aksi pelaku dan sindikatnya sudah dilakukan sejak 2017 dan baru terungkap pada 7 November 2019. Saat itu para sindikat tersebut muncul di salah satu Bank BUMN di Tondano dengan modus yang sama. Saat itu Petugas berhasil mengamankan pelaku yang sementara stay di dalam kendaraan untuk menunggu nasabah yang akan memberikan uang hasil pencairan kredit.

“Kita berhasil mengamankan satu orang tersangka ST (50) dengan barang bukti uang tunai sebanyak Rp. 44 juta,” ujar Wadir.

Lanjutnya, pihaknya saat ini sedang melakukan pengembangan untuk memburu kemungkinan adanya tersangka lainnya.

“Hingga saat ini total kerugian negara yang dilakukan sindikat ini sebesar 3 Miliar,” ujar Wadir. Dari setiap transaksi nasabah yang kreditnya cair, sindikat ini mendapatkan 10 persen dari kredit yang cair tersebut.

Tersangka dikenakan sanksi Pasal 49 UU nomor 10 tahun 1998 tentang Perbankan dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

(SulutAktual.com / Tirza Rompas)

No More Posts Available.

No more pages to load.