Anggota Koramil, Polsek, Damkar dan Masyarakat Padamkan Karhutla di Ratahan Timur

0
21
Anggota Koramil 1302-11/Ratahan, saat sedang mematikan api yang membakar lahan milik Rudi Sumangandow.

MITRA -Kebakaran Hutan dan Lahan ( Karhutla ) yang kabarnya sudah jarang terdengar ditelinga saat ini, tidak menutup kemungkinan musibah tersebut akan melanda kembali di Wilayah Kita.

Hal ini dikatakan Pelda ( Pembantu Letnan Dua ) Harry M. Langi selaku Komandan Koramil 1302-11/Ratahan saat dikonfirmasi Media Center Kodim 1302/Minahasa perihal Musibah Kebakaran yang melanda di Wilayah Teritorialnya.

“Kejadian tersebut dkarenakan adanya faktor Human Error atau akibat kelalaian  pemilik lahan yang sedang membersihkan lahan Perkebunan miliknya karena sudah banyak ditumbuhi alang-alang kering lalu  membakarnya, tapi hanya ditinggalkan begitu saja,”jelas Danramil.

Informasi yang didapatkan, bahwa Lahan Perkebunan milik Rudi Sumangandow ( 55 ) yang berlokasi di Jalan Wioi-Winanga Kecamatan Ratahan Timur, Minahasa Tenggara ( Mitra ) serta banyak ditumbuhi Alang-Alang yang sudah kering, habis terbakar dilahap si Jago Merah, Jumat (15/11/2019).

Menurut saksi mata Obrin Powa ( 49 ), seorang petani, yang beralamat di Jaga-1 Desa Wioi Satu, Ratahan dalam kronologi kejadian menerangkan bahwa,  saat hendak pulang kembali kerumahnya, dia melintasi jalan tepat disamping lahan perkebunan milik  Rudi Sumangandow dan melihat api sudah berkobar membakar Lahan tersebut.

Dia pun segera menghubungi  Rudi, pemilik lahan yang sedang pulang kerumahnya untuk menjemput anaknya pulang sekolah melalui telepon. Mendengar berita tersebut, Rudi, dengan rasa panic, bergegas kembali ke lahan perkebunannya yang sedang dilalap si Jago Merah.

Melihat kejadiantersebut, dengan sigap Rudi memberitahukan perihal kebakaran yang melanda lahan perkebunan miliknya ke Polsek  Ratahan dan Koramil 1302-11/Ratahan serta Dinas Pemadam Kebakaran ( Damkar ) Kabupaten Mitra.

Danramil 1302-11/Ratahan Pelda Harry M. Langi yang sedang berada di ruang kerjanya dikantor Koramil saat itu, menerima laporan warga tentang adanya kebakaran lahan di Desa Wioi, dengan sigap memerintahkan anggotanya Sersan Dua ( Serda ) Ropandi untuk segera menuju ke Tempat Kejadian Perkara ( TKP ) untuk mengecek kebenaran berita yang didapatkannya.

Saat di TKP, Serda Ropandi selaku Babinsa ( Bintara Pembina Desa ) di Desa Wioi, mendapati api sudah berkobar melahap lahan perkebunan milik  Rudi, dan tanpa menunggu komando, Serda Ropandi bersama Polsek dan masyarakat setempat dibantu Damkar  Mitra, berjibaku memadamkan api yang sedang mengamuk.

Sekira pukul 15.30 wita, akhirnya amukan si Jago Merah yang melalap 1 ha Lahan Perkebunan milik  Rudi dapat ditundukkan.

(Thety Metuak)

iklan-andy.jpg iklan-andy.jpg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here