Rakor PTM untuk ASN Pemkab Mitra

Perilaku Pola Hidup Buruk Jadi Pemicu

0
19
Rapat Kordinasi Tentang Pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM) pada Aparat Sipil Negara (ASN) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Tahun 2019.

RATAHAN – Sebanyak 9 Penyakit Tidak Menular (PTM) mengincar Aparatur Sipil Negara (ASN), yaitu : jantung, stroke, hipertensi, kanker rahim, kanker payudara, Diabetes Melitus dan Obesitas, penyakit paru obstruktif kronik, asma dan katarak. Pasalnya pola kerja ASN yang menyebabkan pola hidup tidak sehat.

“80 persen PTM terjadi disebabkan oleh perilaku yang tidak sehat. Ada kalanya ASN sibuk tangani pekerjaan, seharian duduk di depan komputer sehingga lupa waktu, tidak terasa sudah sore. Kurang beraktifitas fisik, waktu makan tidak teratur dan hobi makan gorengan. Namun ada kalanya juga ASN kurang beristirahat karena lembur selesaikan tugas. Badan dipaksa kerja dan akhirnya jatuh sakit.

Hal ini dikatakan dr Felisia Kalesaran MARS, saat membawakan materinya pada Rapat Kordinasi Tentang Pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM) pada Aparat Sipil Negara (ASN) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Tahun 2019. Kegiatan yang digagas Bagian Kesejahteraan Rakyat itu dibuka Asisten 1 Jani Rolos di Sport Hal Kantor Bupati, Rabu (13/11/2019).

Lanjutnya, PTM adalah ‘silent killer’. Penyakit yang tidak terlihat, tidak terduga. Dua per tiga penderita tidak tahu bahwa dirinya menderita PTM.

“Sembilan penyakit tidak menular ini harus kita cegah. Rajin periksa tekanan darah sebulan sekali. Penyakit jantung dan stroke bisa terjadi karena kita punya sakit hipertensi tapi tidak minum obat teratur,” ungkap Kalesaran

Jajaran ASN Mitra diimbau untuk keluar dari kebiasaan buruk hidup tak sehat dengan secara bertahap dan tekun menerapkan pola hidup sehat, baik di lingkungan kerja maupun saat di rumah.

“PTM terjadi karena diet tidak sehat, kurang mengonsumsi buah dan sayur, aktifitas fisik kurang, kurang istirahat, rokok, alkohol. Rokok dan obesitas faktor yang paling pengaruh. Mari kita mulai kebiasaan hidup sehat,” terangnya.

Sementara itu Kabag Kesejahteraan Rakyat Rine Komansilan SPd mengatakan, sasaran kegiatan itu meningkatkan kesadaran ASN agar peduli pada kesehatan di lingkungan kerja, serta peduli pada kesehatan pribadi.

“Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah menambah pengetahuan tentang perilaku sehat di kalangan ASN yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara,” tutupnya.

(Thety Metuak)

iklan-andy.jpg iklan-andy.jpg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here