KPK Gelar Workshop Jurnalisme Warga Anti Korupsi di Kota Manado. Kadis Kominfo Manado Jadi Pemateri

0
97
Kadis Kominfo Manado Erwin Kontu SH, saat memberikan materi pelatihan.

MANADO– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar Workshop Jurnalisme Warga Antikorupsi di Kota Manado pada Senin-Selasa (4-5/11). Kegiatan serupa juga pernah dilakukan lembaga antirasuah ini di Kota Padang Panjang pada 3-5 Agustus 2019 lalu.

Hal ini dilakukan KPK dalam program mengedukasi masyarakat untuk bersikap kritis dan peduli dalam penyelenggaraan layanan publik.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Erwin S Kontu SH, sebagai pemberi materi dan bekal pengetahuan mengenai Manado Smart City sebelum para peserta masuk pada materi latihan peliputan.

Erwin Kontu dalam pemaparannya menjabarkan mengenai Manado Smart City yang memiliki 15 aplikasi pendukung dan dapat diakses oleh masyarakat.

“Semua aplikasi dikontrol langsung dalam satu command center yang terletak di kantor Wali kota Kota Manado,” kata Kontu.

Usai diberikan pembekalan materi, 20 peserta workshop ini langsung mengikuti sesi latihan wawancara dan peliputan yang mengangkat tema Manado Smart City dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Sementara, Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Yuyuk Andriati Iskak menyampaikan bahwa KPK juga ingin melibatkan masyarakat dalam memproduksi konten informasi yang bernilai antikorupsi.

“Hal ini dimaksudkan agar masyarakat semakin sering mendapatkan informasi tentang antikorupsi,” ujar Yuyuk.

Untuk itu, KPK membuka akses media publikasi yang dikelola Biro Humas agar bisa berpartisipasi dalam memproduksi konten-konten antikorupsi.

“Kami punya banyak media yang kita kelola sendiri. Kami pun berharap agar nantinya masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam melakukan pencegahan korupsi,” harapnya.

Dalam pelatihan ini juga, KPK juga mengedukasi warga mengenai prinsip-prinsip jurnalistik dasar dalam usaha untuk mencegah penyebarluasan hoaks atau pemberitaan bohong.

(SulutAktual.com / Tirza Rompas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here