RSUP Kandou Tingkatkan Kualitas Pembimbing Klinik dan Pembimbing Pendidikan

0
81
Dirut RSUP Kandou Dr dr Jimmy Panelewen SpB KBD memberikan arahan bagi peserta saat pembukaan workshop.
MANADO-RSUP Prof Kandou bekerjasama dengan Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) menggelar workshop preceptorship bagi pembimbing klinik dan pembimbing pendidikan.

 

Direktur Utama RSUP Prof Kandou Dr dr Jimmy Panelewen SpB KBD mengatakan, workshop ini menjadi bagian persiapan reakreditasi pendidikan karena masa berlakunya telah selesai.
“Sebagai RS Pendidikan (Academic Medic Center) untuk menerima peserta didik dari luar seperti Dokter PPDS, Co-Ass, Perawat, Bidan, dan tenaga kesehatan lain, RSUP Prof Kandou harus memiliki pembimbing memadai,” kata Panelewen.
Khusus perawat, 1 orang pembimbing akan membina 7 orang perawat. “Itu artinya, RSUP Kandou harus memiliki sekira 150 pembimbing sesuai jumlah perawat yang ada,” ujar Panelewen.
Direksi RSUP Kandou bersama pemateri dan peserta workshop.
Direksi RSUP Kandou bersama pemateri dan peserta workshop.
Selain itu, lanjut Dirut, penyediaan para pendidik klinik di RSUP Prof Kandou supaya dapat menjadi pelatih atau narasumber bagi para pembimbing klinik lain. Dimaksudkan agar pembelajaran klinik dapat berjalan baik dan berkualitas.
Preceptor adalah salah satu metode pembelajaran klinik yang tepat untuk program pendidikan D3 dan profesi keperawatan. Sehingga pemahaman akan penerapannya merupakan hal yang harus dimiliki oleh para penyelenggara.
Melalui peran serta aktif dari RSUP Prof Kandou Manado, diharapkan terjadi percepatan peningkatan kualitas pembelajaran di klinik untuk pembelajaran profesi.
Diketahui, kegiatan yang dilaksanakan di Aula lantai 2 RSUP Prof Kandou tersebut digelar sejak Senin-Rabu (4-6/11/2019). Diikuti 90 peserta. Terdiri dari 80 perawat yang bertugas di RSUP Kandou dan 10 perawat dari luar.
Hadir pada pembukaan workshop, Direktur SDM dan Pendidikan Dr dr Ivonne Rotty MKes, Kepala Bagian Diklit Irwan Kawulusan SH, dan Kepala Instalasi Diklat Dra Sisca Hutadjulu MSi.
(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here