Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Mitra Gelar Sosialiasi Perempuan Anti Korupsi

0
44
Wabup Mitra Jocke O Legi saat membuka Sosialisasi Perempuan Anti Korupsi.

RATAHAN – Wanita berperan dalam menentukan arah perkembangan suami dan anak untuk jauh dari tindak kriminal luar biasa (extraordinary crime) itu. Perempuan adalah sosok sentral dalam keluarga, yang memberi andil besar dalam tindak pencegahan korupsi.

Demikian dikatakan Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap dalam sambutannya yang diwakili oleh Wabup Jocke O Legi saat membuka Sosialisasi Perempuan Anti Korupsi yang digelar di Sport Hall Pemkab Mitra, Selasa (22/10/2019).

Dharma Wanita Persatuan Mitra saat mengikuti sosialisasi Wanita Anti Korupsi.
Dharma Wanita Persatuan Mitra saat mengikuti sosialisasi Wanita Anti Korupsi.

“Perempuan dapat mencegah dan mengingatkan suami agar tidak menyalahgunakan jabatan dan tidak terlibat dalam korupsi. Kajian oleh KPK menyatakan bahwa 80 sampai 85 persen pendidikan yang diperoleh anak berasal dari ibunya,” ujar Wabup Legi.

Pemkab Mitra mengapresiasi Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Mitra yang diketuai oleh Jola Ngongoloy – Kandowangko yang menyelenggarakan kegiatan itu. Dalam rangka meningkatkan integritas individu kaum perempuan, khususnya para istri pejabat, agar tahan uji dan godaan terhadap perilaku korupsi.

“Keterlibatan dan konstribusi kaum perempuan sangat penting dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi. Saya harap semua dapat mengikuti sosialisasi dengan sebaik-baiknya sehingga ada perhatian khusus dalam meningkatkan kapasitas perempuan dan memberikan dampak. Dampak terhadap berkurangnya tingkat korupsi dalam tatanan pemerintah dan masyarakat,” sebut suami dari Waketua DWP Mitra Pdt Erni Rondonuwu STh itu.

Tindak anti korupsi, menurut Legi, merupakan bentuk dukungan terhadap pemimpin negara, yaitu Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin yang telah resmi dilantik pada 20 Oktober kemarin.

“Untuk menjalankan amanah dari rakyat Indonesia. Doa dan dukungan kita kepada Presiden dan Wakil, akan menjadi salah satu faktor penentu dalam keberhasilan kepemimpinan Presiden Bapak Joko Widodo dan Wakil Presiden Bapak Ma’ruf Amin,” pungkasnya.

Sementara Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Minahasa Tenggara Jola Ngongoloy Kandowangko dalam sambutannya mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk memberi pemahaman dan membangun pola pikir anti korupsi bagi kaum perempuan.

“Kiranya kegiatan ini dapat memberi manfaat dan dampak bagi kemajuan Kabupaten Minahasa Tenggara. Khususnya melalui peran kira para kaum perempuan,” tutupnya.

Turut hadir mendampingi Wabup Jocke O Legi, Waketua DWP Mitra Pdt Erni Legi Rondonuwu STh, Sekretaris Daerah Sekda Mitra Robby Ngongoloy dan Ketua DWP Mitra Jola Ngongoloy Kandowangko. Beserta para pemateri di antaranya Kepala OMBUDSMAN RI Perwakilan Sulawesi Utara Helda Tirajoh dan Kanit Tipikor Polres Minsel AIPDA Steven Pinangkaan.
(Thety Metuak)

iklan-andy.jpg iklan-andy.jpg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here