Dana Pilkada Minut Segera Cair 40 Persen

Bawaslu Apresiasi Keseriusan Pemkab Minut

0
25
Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan didampingi Sekkab Jemmy Kuhu dan Kaban Keuangan Petrus Macarau saat melakukan penandatanganan NPHD bersama KPU dan Bawaslu, beberapa waktu lalu.

MINUT— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) bakal segera mencairkan dana Pilkada untuk tahap pertama, untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu Minut.

Hal ini dibuktikan dengan telah ditandatanganinya Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) telah ditandatangani Bupati Vonnie Anneke Panambunan STh beberapa waktu lalu.

Bupati Minut Vonnie Panambunan menyerahkan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) ke pihak KPUD Minut usai ditandatangani.
Bupati Minut Vonnie Panambunan menyerahkan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) ke pihak KPUD Minut usai ditandatangani.

Menurut, Kepala Badan Keuangan Minut Petrus Macarau SE mengatakan, pencairan anggaran pertama dilakukan sebanyak 40 %, kedua Rp50% dan pencairan ketiga 10%.

“Pencairan tahap pertama akan segera dicairkan Rp600 juta untuk Bawaslu dan Rp1,5 miliar untuk KPU. Tetapi pencairannya akan disesuaikan dengan keuangan daerah di APBD Perubahan. Nanti akan digenapkan per 1 Januari 2019 pada APBD Induk 2020,” kata Macarau.

Foto bersama degan pihak KPUD dan Banwaslu Minut.
Foto bersama degan pihak KPUD dan Banwaslu Minut.

Lanjut dikatakan Macarau, penandatanganan NPHD mengacu pada Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 54 tentang Mekanisme Pendanaan Kegiatan Pilkada yang bersumber dari APBD. Sedangkan untuk nominal pelaksanaan Pilkada Minut 2020, cukup fantastis yakni Rp 55 miliar. Nominal tersebut tertuang melalui NPHD yaitu Rp 40 miliar untuk KPU dan Rp 15 miliar untuk Bawaslu.

“Tentu saja besaran nominal yang ditandatangani telah melalui kajian dan pertimbangan yang disesuaikan dengan luas wilayah kabupaten, jumlah penduduk dan letak geografis Minut yang merupakan daerah kepulauan,” jelas Macarau.

Terpisah, Ketua Bawaslu Minut Simon Awuy SH MH saat dikonfirmasi mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum melakukan komunikasi lebih lanjut terkait pencairan tersebut.

“Kami sangat bersyukur jika mang betul akan segera dicairkan. Kami mengapresiasi Pemkab Minut yang terus menseriusi NPHD yang sudah ditanda tangani,” kata Awuy.

(Ranny)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here